Masyarakat Aceh Tengah Didorong Jadikan Rumah Sebagai “Homestay”

Ilustrasi

BANDA ACEH — Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar mengajak masyarakat di kabupaten setempat untuk menggalakkan tempat tinggal mereka menjadi penginapan (homestay) bagi tamu yang berwisata ke daerah setempat.

“Alhamdulillah kunjungan wisatawan yang datang ke Kabupaten Aceh Tengah terus mengalami peningkatan, sehingga perlu didukung dengan ketersediaan penginapan yang memadai seperti hotel dan juga termasuk penginapan yang disediakan warga,” kata Shabela di Takengon, Aceh, Senin (14/1/2019).

Ia menjelaskan kehadiran “homestay” milik masyarakat tersebut juga bagian meningkatkan pendapatan masyarakat serta mendukung sektor pariwisata yang kini menjadi salah satu program prioritas pembangunan pemerintah daerah setempat.

Ia menyebutkan ada beragam destinasi wisata yang menjadi andalan dan menjadi daya tarik bagi wisatawan berkunjung ke daerah berhawa dingin itu, yakni Danau Laut Tawar, Pantan Terong, Bur Telege, kebun kopi, dan beragam destinasi lainnya.

Menurut dia dalam mendukung sektor pariwisata di kabupaten berhawa dingin tersebut, sudah ada beberapa jaringan perhotelan yang telah menyatakan diri untuk membangun hotel di daerah setempat.

“Ada beberapa investor perhotelan yang telah menyatakan siap untuk membangun hotel seiring semakin tingginya kunjungan wisatawan berkunjung ke daerah penghasil kopi terbaik ini,” katanya.

Shabela juga menambahkan pihaknya terus melakukan berbagai upaya guna menarik pelancong dalam dan luar negeri untuk datang dan berkunjung ke Kabupaten Aceh Tengah.

“Salah satu upaya menarik pengunjung itu adalah dengan menggelar beragam acara seperti Gamifest dan beragam kegiatan lainnya seperti lomba pacuan kuda,” katanya. [Ant]

Lihat juga...