Melanggar di Kawasan Tertib Lalin, Kendaraan Dipasangi Stiker

Editor: Mahadeva

188

BALIKPAPAN – Di awal 2019, Pemerintah Kota Balikpapan menerapkan kebijakan baru bagi kendaraan roda empat yang melanggar, khususnya di kawasan tertib Lalu Lintas (Lalin). Pemkot akan memasangi kendaraan pelanggar dengan stiker.

Pemasangan stiker, sebagai salah satu bentuk teguran bagi kendaraan yang melanggar. Kebijakan tersebut, sesuai dengan instruksi Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi, yang menyebut, 2019 menjadi tahun ketertiban.

Dengan jargon tersebut, jika terjadi pelanggaran maka akan dilakukan ditindak tegas. “Penertiban dengan pemasangan stiker itu juga akan dilakukan di kawasan tertib lalu lintas yaitu di kawasan Jenderal Sudirman, termasuk kawasan Taman Bekapai,” papar Rizal, usai pelantikan pejabat Pemerintah Kota Balikpapan, Kamis (10/1/2019).

Tindakan tegas, dilakukan sebagai upaya penertiban kendaraan yang kerap terparkir di badan jalan. Tercatat, ada kendaraan yang parkir menginap di badan jalan, meskipun sudah ada rambu larangan parkir. “Pemberian teguran dengan pemasangan stiker yang dilakukan Dinas Perhubungan Kota Balikpapan, sebagai salah satu tindakan tegas bagi kedaraan roda empat yang parkir melanggar rambu jalan khususnya di Kawasan Klandasan,” tambahnya.

Pemerintah Kota Balikpapan, juga memperluas kebijakkan pemberlakuan kawasan tertib lalu lintas. Saat ini, pemberlakuan kawasan tertib lalu lintas baru di Jalan Utama Sudirman ataupun wilayah Klandasan. Kawasan tertib lalu lintas mulai juga diberlakukan di Jalan Piere Tendean atau Gunung Pasir dan MT Haryono. “Untuk lokasi kantor di Ringroad juga akan diberlakukan, dimana lokasi parkir akan ditempatkan di Gedung Sport Center Dome,” pungkas Rizal Effendi.

Baca Juga
Lihat juga...