hut

Menang Adu Penalti, Chelsea Tantang City di Final Carabao Cup

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

LONDON — Chelsea akhirnya keluar sebagai penantang Manchester City di final Piala Liga atau Carabao Cup. The Blues melaju ke partai puncak setelah menang adu penalti kontra Tottenham Hotspur pada laga kedua babak semifinal di Stamford Bridge, Jumat pagi.

Tottenham bertandang bermodal kemenangan 1-0 di pertemuan pertama. Namun keunggulan itu segera sirna pada 45 menit babak pertama setelah N’golo Kante mencetak gol di menit 37 dan digandakan Eden Hazard di menit 38.

Fernando Llorente kembali membuka peluang The Lilywhite setelah mencetak gol di lima menit awal babak kedua. Kedua tim kemudian saling membuka peluang di sisa laga namun hingga waktu normal habis, tidak ada lagi gol yang tercipta. Kedua tim pun harus melalui adu penalti untuk menentukan pemenang yang berhak melaju ke final.

Kegagalan Lucas Moura dan Eric Dier harus dibayar mahal. Peluang skuad asuhan Mauricio Pochettino untuk mengangkat trofi pada musim ini kembali menguap. Sedangkan Chelsea bakal bentrok kontra The Citizen pada 24 Februari mendatang di Wembley.

Duel kedua tim berlangsung dalam tempo yang cukup menarik. Kedua tim memainkan kemampuan terbaik. Peluang pertama dimiliki Pedro namun masih berhasil diblok Toby Alderweireld sebelum ia bisa menguji ketangguhan Paulo Gazzaniga.

Eden Hazard yang ditantang tampil lebih baik cukup merepotkan pertahanan Tottenham. Umpan silangnya berujung sepak pojok yang berakhir dengan gol pembuka Chelsea. Tendangan first time Kante mengantar bola melewati tiga kaki sebelum masuk ke gawang Gazzaniga.

Keberuntungan kian menjauh dari Tottenham setelah Ben Davies mengalami cedera. Eden Hazard nyaris menggandakan keunggulan tak lama setelahnya. Dua menit kemudian, Chelsea membalikkan keunggulan agregat setelah mencetak gol kedua. Kerjasama apik Pedro dan Cesan Azpilicueta membuka peluang Hazard menggandakan keunggulan Chelsea. Gol ini adalah yang pertama dicetak Hazard dalam tujuh laga terakhirnya.

Babak kedua berlangsung seperti awal laga. Kedua tim langsung terlibat saling serang. Namun Llorente akhirnya menyamakan agregat setelah memaksimalkan umpan silang Danny Rose dengan sundulan kepalanya. Setelah itu laga berlangsung dengan tempo tinggi namun tetap tidak menghasilkan tambahan gol.

Di babak adu penalti. Kedua tim sukses menyarangkan dua gol awal. Namun Eric Dier kemudian gagal setelah tembakannya melambung dan Kepa Arrizabalaga berhasil memenatahkan tendangan Lucas Moura dan David Luiz memastikan keunggulan Chelsea atas Tottenham.

Lihat juga...