Menangi Derby Katalan, Barcelona Menjauh dari Atletico

Editor: Makmun Hidayat

262

KATALAN — Pimpinan klasemen sementara La Liga, Barcelona, kembali menjauh dari Atletico Madrid setelah memenangi laga bertajuk Derby Katalan di Girona. Pada laga yang baru saja berakhir, Barcelona memecundangi Girona dengan skor 2-0.

Dengan kemenangan ini, Barcelona kembali menjauh dari kejaran Atletico. Kedua tim kini kembali terpaut lima poin setelah terpangkas menjadi dua poin, kemarin, setelah Atletico menumbangkan Getafe.

Nelson Semedo membuka keunggulan Blaugrana di babak pertama sebelum Lionel Messi menggandakan keunggukan di babak kedua. Gol kedua Messi lahir 17 menit setelah Girona kehilangan salah satu pemainnya, Bernardo Espinosa yang menerima dua kartu kuning.

Awal laga kedua berlangsung cukup menarik. Nmun Barcelona sudah menunjukkan tajinya dengan membuka keunggulan di menit sembilan melalui Semedo. Semedo yang lolos kawalan di kotak Girona melepas tembakan ke pojok bawah gawang.

Girona terlihat seperti bakal mendapat hadiah penalti setelah Cristhian Stuani dilanggar di dalam kotak Barcelona. Namun pengadil lapangan berpikir lain. Tidak ada hadiah penalti yang diberikan untuk tuan rumah. Peluang lain lahir dari Pedro Alcala, namun sundulan kepalanya masih melambung.

Sementara Barcelona membuka peluang lain melalui Pilippe Coutinho. Sayang eks Liverpool yang berhasil lolos ke dalam area pertahanan Girona itu gagal menemukan jalan menaklukkan Bono. Peluang yang dihasilkan Lionel Messi juga masih belum membuahkan gol tambahan.

Tuan rumah terus memberi ancaman bagi Barcelona melalui Stuani dan Pere Pons. Tapi hingga 45 menit babak pertama berakhir, skor tetap bertahan 1-0 untuk keunggulan tim tamu.

Di awal babak kedua, Messi memberi ancaman melalui eksekusi bola mati namun bola masih melebar. Stuani langsung membalas namun tembakannya masih bisa digagalkan Ter Stegen. Beban Girona kian berat setelah di menit 51 Bernardo Espinosa diusir wasit karena menerima kartu kuning kedua.

Pelanggaran Espinosa terhadap Luis Suarez membuat Girona harus melewati sisa laga dengan 10 pemain. Kondisi itu dimanfaatkan Barcelona dengan memberi tekanan melalui Suarez dan Messi. Messi akhirnya menggandakan keunggulan Barcelona di menit 69 memanfaatkan umpan Jordi Alba sekaligus menjadi gol penutup di laga tersebut.

Pada laga lainnya, Real Valladolid menang tipis 2-1 atas Celta Vigo. Pione Sisto sempat mengantar Celta Vigo leading di menit 16 sebelum tuan rumah membalas dengan dua gol melalui Oscar Plano menit 55 dan Keko di menit 69. Menit 87 Vigo kehilangan Wesley Hoedt yang menerima kartu kuning kedua. Beruntung tidak ada gol tambahan setelahnya.

Lihat juga...