Mengejutkan, City Tumbang di St James Park

Editor: Makmun Hidayat

199

NEWCASTLE — Hasil impresif Manchester City terhenti di St James Park. Secara mengejutkan juara bertahan Liga Primer itu tumbang di tangan Newcastle United dengan skor 1-2. Kekalahan ini jelas merugikan karena menghambat perburuan gelar musim ini.

Bagi The Magpies, julukan Newcastle, kemenangan kali ini memberi makna tersendiri. Kemenangan mengakhiri rekor negatif tidak pernah menang dari 22 pertemuan di Liga Primer kontra The Citizen. Namun The Magpies ternyata bisa bangkit dan berbalik unggul setelah sempat tertinggal.

Sergio Aguero mengejutkan public tuan rumah setelah mencetak gol pembuka The Citizen saat laga berjalan kurang dari 30 detik dan membuka harapan meraih sembilan kemenangan beruntun di semua kompetisi musim ini. Tapi, Salomon Rondon menyamakan skor di babak kedua dan Matt Ritchie memastikan kemenangan tuan rumah dari ekskusi penalti.

Sementara ini, City masih berpaut empat poin dari Liverpool di puncak klasemen sementara. Namun margin poin bisa bertambah menjadi tujuh poin jika The Reds berhasil menumbangkan Leiceste City di Andfield. Sedangkan Newcastle naik dan berada lima poin di atas zona merah.

Skuad asuhan Pep Guardiola bertandang ke St James Park dengan modal cukup bagus, mencetak 28 gol dari enam laga tandang. Jumlah itu tiga gol lebih banyak dari yang total gol yang dihasilkan The Magpies dari 27 laga di semua kompetisi.

Rekor itu berlanjut saat laga berjalan 24 detik. Sergio Aguero yang mencetak 15 gol dari 13 laga kontra The Magpies, membuka keunggulan tim tamu. Memanfatkan bola hasil umpan DaVid Silva yang mengirim bola ke tengah dengan menyambut umpan silang Raheem Sterling dengan sundulan kepalanya, Aguero memberi sentuhan untuk mengantar The Citizen unggul 1-0.

Gol ini menjadi yang tercepat di Liga Primer sejauh ini. Namun perlahan Newcastle mulai bangkit dan mulai melahirkan sejumlah peluang melalui Ayoze Peres dan Christian Atsu. City kembali menghasilkan gol melalui Aguero di menit 17 namun dianulir. Wasit justru memberi Kevin De Bruyne kartu kuning karena menendang bola sebelum peluit berbunyi.

The Citizen harus puas hanya dengan satu gol di babak pertama meski tampil dominan. Keberuntungan tuan rumah lahir di menit 66. Tendangan voli Salomon Rondon dari dalam kotak membuat skor sama kuat 1-1. 10 menit jelang bubat Matt Ritchie memastikan kemenangan tuan rumah setelah mencetak gol dari titik putih.

Baca Juga
Lihat juga...