hut

Mengenal Buah Nona, ‘Si Langka’ yang Ada di Mekarsari

Editor: Koko Triarko

BOGOR – Buah Nona atau yang sering dikenal dengan nama Kemulwa, mungkin tidak terlalu banyak dikenal oleh masyarakat. Padahal, buah ini sudah beberapa kali diuji sebagai salah satu buah yang mampu membantu penderita kanker. 

Penanggungjawab Kebun Blok A,  B dan D Taman Buah Mekarsari,  Ikma Lesmana, menjelaskan, buah Nona yang asli dari Hindia Barat ini dapat tumbuh kembang dengan baik di Indonesia.

Buah Nona yang memasuki masa matang -Foto: Ranny Supusepa

“Buah Nona hampir mirip dengan Srikaya. Secara ilmiah, mereka berada dalam satu family. Di Indonesia, buah ini dikenal dengan nama berbeda. Kalau di Aceh, disebut Serba Rabsa.  Di Sunda dikenal dengan nama Manowa. Kalau di Ambon  disebut buah Nyonya,” kata Ikma, sembari menunjukkan salah satu pohon buah Nona yang ada di Taman Buah Mekarsari, Rabu (30/1/2019).

Ikma menyebutkan, di Taman Buah Mekarsari,  pohon buah Nona cukup banyak dan difungsikan sebagai koleksi. “Buah Nona ini termasuk jenis tanaman perdu, dengan ketinggian pohon mampu mencapai 3-7 meter di habitat alaminya. Kalau di Mekarsari, memang kita lakukan pemangkasan untuk memudahkan perawatan,” ujarnya.

Daun buah Nona berbentuk memanjang, lemas dengan tepat rata.  Panjang daun antara 3,5 –  7 cm. “Tipe bunganya berbentuk karangan pendek, dengan jumlah bunga berkisar antara 2-10 buah. Dan, mahkota bunganya memiliki panjang sekitar 2-3 cm,  tebal,  berwarna putih kekuningan di bagian dalam dan berwarna ungu di bagian pangkal,” kata Ikma.

Buah Nona memiliki bentuk bulat seperti saudaranya, Srikaya. Tapi, yang membedakannya adalah kulit buah Nona yang mulus. Jika sudah matang, akan berwarna merah dan empuk.

“Kalau masih muda, berwarna kuning. Jika dipencet keras dan rasanya tidak enak. Jadi kalau mau panen, harus dipastikan sudah matang benar. Tapi jangan sampai warna buahnya hitam, itu tidak bisa dimakan lagi,” papar Ikma, sambil menunjukkan salah satu buah Nona.

Daging buah Nona serupa dengan Srikaya, putih dan memiliki biji hitam kecil. Rasanya manis, walaupun beberapa orang yang mencoba, lebih menyukai rasa Srikaya.

“Perkembangbiakan buah Nona ini menggunakan sistem sambung susu.  Suatu sistem penyambungan dahan sebagai indukan dengan tanaman sejenis yang memiliki akar,” jelas Ikma.

Menurut catatan, nilai kalori buah Nona 90 kcal per 100 gram daging buah.  Sehingga dengan mengkonsumsi setengah kilogram buah Nona per hari, akan memenuhi 11 persen kebutuhan kalori harian manusia.

Selain sumber mineral kalsium, fosfor dan potasium, buah Nona juga dinyatakan mengandung 35-42 mg Vitamin C per 100 grup daging buah.

Berbagai penelitian juga sudah dilakukan oleh beberapa peneliti dari universitas terkemuka, terkait manfaat buah Nona untuk kesehatan.  Terutama penyembuhan kanker. Tapi, belum ada uji klinis resmi yang bisa dijadikan tolak ukur buah Nona sebagai alat pengobatan resmi untuk kanker.

Lihat juga...