hut

Mengenal Kenari di Mekarsari, Tanaman Banyak Manfaat

Editor: Satmoko Budi Santoso

BOGOR – Banyak orang yang menyukai toping kenari yang ada di kue ataupun pastry. Tapi banyak yang tidak tahu, bagaimana bentuk kenari yang sebenarnya.

Supervisor Pengembangan Hasil Penelitian dan Landscape Gardener, Taman Buah Mekarsari, Junaedi, menyatakan, bukan hanya sebagai pelengkap makanan, buah kenari juga dapat dijadikan suvenir dan hiasan pelengkap ornamen.

“Bagian kayu pohon kenari dapat mengeluarkan rasin, sebuah zat yang biasa digunakan pada industri sebagai bahan baku produksi vernis dan balsam. Kayunya juga termasuk kualitas sangat baik,” kata Junaedi pada Cendana News di Kebun Blok D, Taman Buah Mekarsari, Rabu (23/1/2019).

Di habitat aslinya, Maluku dan Papua, tanaman kenari dapat tumbuh baik di area dataran rendah hingga dataran tinggi, baik di hutan maupun di savana.

“Pohon kenari di Mekarsari yang rata-rata sudah berumur sekitar 25 tahun difungsikan sebagai pohon peneduh. Karena pohon kenari merupakan tanaman berkayu yang mampu memiliki ukuran yang sangat besar. Di habitat aslinya, tanaman ini dapat tumbuh hingga mencapai 40 meter,” urai Junaedi seraya menunjukkan salah satu pohon kenari dari total 40 pohon kenari yang ada di Taman Buah Mekarsari.

Buah kenari yang sudah tua – Foto: Ranny Supusepa

Pohon kenari yang memiliki nama latin Canarium Village ini, juga merupakan penghasil oksigen yang baik, akarnya merupakan pengikat air dan pencegah erosi.

“Penyebaran alami tanaman ini melalui generatif. Yaitu penyebaran biji oleh hewan pemakan buah seperti burung, kelelawar dan tupai. Bijinya yang berbentuk lonjong dibungkus kulit dan daging buah yang tipis. Tapi memiliki lapisan cangkang yang sangat kuat. Sehingga yang dimakan oleh hewan hanya bagian luarnya saja. Bagian dalam akan ditinggal dan menjadi bibit untuk tanaman baru,” papar Junaedi.

Daun tanaman kenari berbentuk majemuk, agak tebal dan licin. Tepian daun rata dan meruncing di bagian ujung daun.

“Saat muda, buah kenari berwarna hijau agak gelap. Tumbuhnya menggerombol di ujung tangkai cabang. Buah yang sudah tua akan berwarna hitam. Jika ingin dibuat sebagai suvenir, buah ini akan diamplas terlebih dahulu. Sehingga permukaan buah akan halus,” kata Junaedi.

Kenari baru mulai akan berbuah saat memasuki umur 5-6 tahun. Dan jika sudah berbuah, pohon kenari akan terus berbuah sepanjang musim.

“Bunga kenari ini kecil-kecil dan berada di ujung batang. Dari bunga ke buah, butuh waktu sekitar 4,5 bulan,” pungkasnya.

Lihat juga...