Onde-Onde Khas Flores Teman Nikmat Minum Kopi

Editor: Koko Triarko

MAUMERE –  Onde-Onde merupakan sebuah kue yang sejak dahulu selalu menjadi teman minum kopi dan teh masyarakat di pulau Flores. Onde-Onde juga dijual keliling kampung oleh-oleh anak-anak, saat pagi maupun sore hari.

“Saat kami kecil, pada 1980-an hingga 1990-an, orang sering menjual kue ini keliling kampung. Namun, sekarang kue ini pun sudah mulai jarang dijual dan orang lebih suka membeli gorengan dan roti bakar atau roti goreng,” sebut Maria Parera, warga Maumere, Sabtu (12/1/2019).

Sherly Irawati, pelaku usaha kuliner di kota Maumere. -Foto: Ebed de Rosary

Menurut Maria, biasanya isi bagian dalam Onde-Onde mempergunakan gula merah yang terbuat dari nira pohon Aren, atau pohon Gebang. Terkadang juga Onde-Onde dijual bersamaan dengan kue Dadar Guling yang isi dalam kuenya pun sama.

“Onde-onde juga bisa dibuat dari singkong yang diparut dan direbus, lalu dibuat bulat-bulat. Bisa juga dibuat dari tepung ketan yang dicampur tepung beras,” ungkapnya.

Sherly Irawati, pedagang kuliner di kota Maumere, menyebutkan, Onde-Onde yang biasa dibuat dan dijualnya dibuat dari tepung ketan dicampur tepung beras.

“Bahan-bahannya, satu bungkus tepung ketan, tiga sendok makan tepung beras, tiga lembar daun pandan, lalu diblender bersama sedikit air, kemudian disaring untuk dipergunakan sebagai pewarna,” terangnya.

Selain itu, siapkan juga sedikit garam, gula merah lalu diiris hingga halus. Kelapa setengah tua diparut. Setelah itu, tepung ketan dan tepung beras diaduk mempergunakan air hangat.

“Campur adonan tersebut dengan air perasan daun pandan sebagai pewarna hijau. Setelah merata, adonan pun dibentuk bulatan-bulatan dan siap diisi bagian dalamnya,” jelasnya.

Untuk membuat isi Onde-Onde, kata Sherly, aduk gula merah dengan sedikit air hingga kental, lalu masukkan parutan kelapa. Adonan gula merah dan kelapa lalu dimasukkan ke dalam bulatan Onde-Onde. Setelah itu dikukus hingga matang.

“Setelah matang, Onde-Onde pun diangkat lalu digulingkan di atas parutan kelapa. Onde-Onde pun siap disajikan sebagai teman minum kopi atau teh di pagi atau sore hari,” pungkasnya.

Lihat juga...