Parpol Tidak Serahkan LPSDK, KPU Tidak Beri Sanksi

240
Ilustrasi - Pemilu 2019 [Foto: Ist/Dok CDN]

JAKARTA – Peserta pemilu yang tidak menyerahkan Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK), tidak akan mendapatkan sanksi. UU No.7/2017, tentang Pemilu, tidak mengatur sanksi bagi parpol yang tidak menyerahkan LPSDK.

“Kalau di Undang-Undang, tidak ada kategorisasi khusus. Tidak ada sanksi,” kata Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Hasyim Asy’ari, Rabu (2/1/2019).

Namun, sanksi diskualifikasi akan diberikan kepada para peserta pemilu, jika tidak menyerahkan Laporan Penerimaan Dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK). Selain itu, penyerahan laporan dana kampanye hanya berdasarkan atas komitmen awal dari semua peserta Pemilu. “Sudah dibicarakan sejak awal, bahwa rencana untuk penerimaan, yang dijadwalkan melaporkan sumbangan dana kampanye itu Rabu (2/1/2019). Kalau tidak dilaporkan, maka tidak ada sanksi diskualifikasi,” katanya.

Hasyim mengatakan, penyerahan LPSDK, dilakukan secara serentak di semua kantor KPU provinsi, kabupaten dan kota. Sehingga, tidak hanya diserahkan oleh partai peserta Pemilu di tingkat nasional. “Pada hari ini, Rabu, 2 Januari 2019, adalah jadwal untuk penerimaan laporan sumbangan dana kampanye, laporan ini yang membuat adalah peserta Pemilu sesuai tingkatannya,” tandasnya.

KPU RI hanya menerima laporan sumbangan dana kampanye dari partai politik tingkat nasional, dan juga pasangan calon presiden dan calon wakil presiden. Sementara itu, untuk peserta pemilu tingkat provinsi, dan calon DPD, LPSDK diserahkan kepada masing-masing ke KPU provinsi sesuai dengan dapil provinsinya. “Kemudian untuk peserta Pemilu Parpol di kabupaten dan kota, menyerahkannya ke KPU kabupaten atau kota. Penyerahan hari ini mulai jam 8 pagi hingga 18.00 WIB,” pungkasnya. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...