Partisipasi Pemilih di Batang Ditargetkan 77,5 Persen

234
Ilustrasi - Pemilu 2019 [Foto: Ist/Dok CDN]

BATANG – Tingkat partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 di Kabupaten Batang ditargetkan mencapai 77,5 persen. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batang, Jawa Tengah mencatat, ada 606.290 orang pemiluh di Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Ketua KPU Batang, Nur Tofan, mengatakan, pihaknya optimistis dengan target tersebut. Sementara tercatat, realisasi partisipasi pada Pilgub Jateng 2018, hanya mencapai 63,72 persen. “Kami optimistis tingkat kehadiran pemilih pada Pemilu 2019 mampu mencapai target 75 persen, karena kegiatan sosialisasi yang dilakukan penyelenggara pemilu itu dianggap lebih gencar dan masif dibandingkan saat penyelenggaraan Pilgub 2018,” tandasnya.

Saat ini, KPU gencar menyosialisasikan Pemilu 2019, baik bertemu langsung dengan masyarakat, maupun melalui media sosial, pemberitaan atau informasi kepemiluan oleh media cetak maupun elektronik.

Selain itu, target 77,5 persen juga mempertimbangkan adanya dukungan dari berbagai elemen, antara lain pemerintah, komunitas, NGO atau lembaga swadaya masyarakat, dan melibatkan puluhan masyarakat yang telah direkrut menjadi relawan demokrasi.

“Rasa optimistis ini, kami dasarkan pada data pemilih yang semakin akurat, serta sosialisasi yang masif oleh penyelenggara, baik oleh KPU dari KPU RI hingga KPPS dengan dibantu oleh relawan demokrasi di setiap kabupaten dan kota sebanyak 55 orang di 10 basis,” tambahnya.

Gelaran kampanye oleh peserta pemilu yang relatif cukup panjang, sekira enam bulan, diharapkan mampu mendongkrak tingkat partisipasi pemilih. “Persentase kehadiran pemilih pada Pileg 2014 di Kabupaten Batang mencapai 77,80 persen dan Pilpres sebesar 73,07 persen. Oleh karena itu, dengan lebih gencar melakukan sosialisasi pada Pemilu 2019 ini, kami optimistis dan yakin bisa mencapai target yang telah ditentukan,” pungkasnya. (Ant)

Lihat juga...