Pembangunan Fisik Terminal Harus Diimbangi Kualitas Layanan

Editor: Mahadeva

MATARAM – Pembangunan gedung atau fisik terminal, diharapkan bisa diimbangi dengan adanya peningkatan kualitas pelayanan. Sehingga keberadaan terminal yang megah, bisa memberi kenyamanan dan rasa aman bagi masyarakat pengguna.

“Salah satu cara meningkatkan minat masyarakat menggunakan jasa transportasi darat, selain fasilitas fisik memadai, juga harus didukung peningkatan kualitas layanan,” kata Wakil Gubernur NTB, Hj. Sitti Rohmi Djalilah, ketika meresmikan terminal tipe A Mandalika Bertais Mataram, Senin (14/1/2019).

Kualitas pelayanan yang bagus, selain meningkatkan kepercayaan, juga akan memberikan rasa aman dan nyaman. Sehingga masyarakat tetap tertarik menggunakan jasa transportasi darat. Salah satu tantangan jasa transportasi darat adalah, tindakan kriminalitas. Baik ketika berada di arena terminal, maupun saat berada di kendaraan transportasi umum. Termasuk praktik percaloan tiket. “Pengelolaan terminal juga diharapkan memperhatikan sisi kebersihan, baik penumpang maupun pedagang yang berjualan di areal terminal,” harapnya.

Hal lain yang juga penting adalah, terkait pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk pemesan tiket. Melalui teknologi yang berkembang, masyarakat semakin mudah memesan tiket.

Dirjen Perhubungan Darat, Irjen Pol. Budi Setiyadi menyampaikan, NTB mendapat porsi anggaran cukup besar untuk pembangunan dan penataan terminal angkutan darat. Alokasi anggaran yang masuk mencapai Rp6,5 miliar lebih.  Anggaran tersebut, lebih besar dibanding provinsi lain di Indonesia, yang rata rata hanya mendapatkan sekitar dua miliar.

Selain transportasi umum untuk masyarakat,  Kementerian Perhubungan juga akan melakukan pengadaan bus bagi pelajar dan mahasiswa.  Diharapkan, pemerintah daerah dapat melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, agar mau menggunakan transportasi umum.  “Kalau ingin sebuah kota mendapat pelayanan baik, maka minimal angkutan masal harus ada dan mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah,” pungkasnya.

Lihat juga...