Pemdes Batumarta Ajak Warga Budi Daya Lele

320
Ilustrasi - Peternak ikan lele - Dok CDN

BATURAJA – Pemerintah Desa Batumarta Unit I, Kecamatan Lubuk Raja, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatra Selatan, mengajak masyarakat setempat untuk membudidayakan ikan lele, guna menambah penghasilan selain bertani kebun karet.

“Selain bertani kebun karet, peternakan ikan lele ini juga dapat dijadikan usaha untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,” kata Kepala Desa Batumarta Unit I, Ogan Komering Ulu, Suyono di Baturaja, Sabtu (5/1/2019).

Dia mengemukakan, dalam memulai usaha tersebut, masyarakat dapat memanfaatkan kolam buatan yang ada di desa setempat, untuk dijadikan tempat budi daya ikan lele, agar berkembang biak.

Selain itu, kata dia, belum lama ini pihaknya juga memberikan pelatihan budi daya ikan lele kepada masyarakat desa setempat, agar memahami cara beternak yang benar, sehingga hasil panennya nanti sesuai harapan.

“Dalam pelatihan tersebut, kami menghadirkan narasumber dari Dinas Peternakan dan Perikanan Ogan Komering Ulu,” katanya.

Dalam kegiatan tersebut, masyarakat diajarkan cara budi daya lele, agar mendapat keuntungan besar dari hasil panen yang berlimpah.

“Pelatihan ini sebagai langkah awal dalam mengajak masyarakat, agar mau membudidayakan peternakan ikan air tawar tersebut,” ujarnya.

Menurut dia, saat ini kebutuhan ikan air tawar, khususnya jenis lele, untuk dikonsumsi masyarakat dinilai masih sangat tinggi, sehingga dapat dijadikan peluang usaha guna meningkatkan perekonomian warga di wilayah itu.

“Peluang pemasarannya juga saat ini masih sangat luas, seperti untuk memenuhi kebutuhan sejumlah rumah makan dan warung lesehan yang ada di Kabupaten Ogan Komering Ulu,” kata dia. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...