Pemkab Penajam Uji Kompetensi Calon Pejabat Eselon III

Ilustrasi - PNS - Foto: Dok. BKN

PENAJAM – Para calon pejabat eselon III lingkup Pemkab Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur mengikuti uji kompetensi. Kegatan tersebut wajib diikuti, sebagai dasar mutasi dan penempatan jabatan.

“Uji kompetensi jabatan bagi eselon III sebagai dasar mutasi yang akan digelar Maret atau April 2019,” kata Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Penajam Paser Utara, Surodal Santoso, Minggu (27/1/2019).

Uji kompetensi jabatan bagi pejabat setingkat admnistrator, dibuka Bupati Penajam Paser Utara Abdul Gafur Mas’ud. Diikuti dua peserta dari luar daerah. Ada 15 orang dari pusat penilaian Badan Kepegawaian Negara atau BKN, yang menurut Surodal Santoso, menjadi tim panitia seleksi uji kompetensi jabatan bagi pejabat eselon III tersebut.

Terdapat 82 pejabat eselon III di lingkungan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara. Sembilan diuji macam kompetensi pada assessment tersebut. “Materi yang diujikan pada uji kompetensi jabatan bagi pejabat eselon III di antaranya, integritas moral dan sosial,” ungkap Surodal Santoso. Integritas moral, untuk mengetahui ketaatan pejabat terhadap aturan kepegawaian yang berlaku. Sedangkan integritas sosial, terkait pelayanan publik serta kerja sama dengan pegawai di bawah maupun di atasnya.

Uji kompetensi jabatan tersebut, dilakukan sebagai upaya pengembangan pegawai. Serta untuk mengumpulkan data dan informasi pejabat. “Hasil kompetensi jabatan untuk data dan informasi kemampuan masing-masing pejabat. Peserta diuji menulis makalah dan wawancara,” ucapnya.

Assessment bagi pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, untuk memenuhi database jabatan sebagai pesiapan penyegaran organisasi Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara. (Ant)

Lihat juga...