Pemkab Pesisir Selatan Terus Kembangkan Sektor Pariwisata

Editor: Koko Triarko

PESISIR SELATAN – Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat, secara konsisten melakukan pengembangan pariwisata. Tidak hanya dari sisi infrastruktur, tapi juga pembenahan dari layanan yang melibatkan banyak masyarakat. 

Hal yang membuat Pemkab Pesisir Selatan begitu konsisten, karena daerah tersebut merupakan salah satu daerah tujuan wisata di Sumatra Barat, yang memiliki pesona yang tak kalah menarik dengan wisata lainnya.

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni/ Foto: M. Noli Hendra

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni, mengatakan pengembangan pariwisata harus dilakukan terpadu, melibatkan semua stakeholders. Hal tersebut menjadi tugas dan tanggungjawab bersama, sehingga objek wisata di kabupaten itu, tetap menjadi primadona bagi pengunjung.

Menurutnya, potensi pariwisata yang dimiliki oleh Kabupaten Pesisir Selatan telah membuat daerah itu menemukan mutiara yang telah lama hilang. Sebab, dengan potensi yang dimiliki daerah di ujung selatan Sumatra Barat ini, telah banyak yang merasakan manfaatnya.

“Pariwisata Pesisir Selatan telah memberikan dampak positif terhadap perekonomian masyarakat, sekaligus memberikan pemasukan bagi daerah. Untuk itu, perlu dilakukan pengembangan, mulai dari pelayanan yang diberikan oleh masyarakat yang menjadi pengusaha oleh-oleh,” katanya, Minggu (13/1/2019).

Ia menyebutkan, pariwisata telah menjadi ikon di Pesisir Selatan, karena sudah dari waktu ke waktu terus berkembang serta berpengaruh terhadap perekonomian masyarakat, apalagi potensi pariwisata telah mendapatkan pendapatan yang menguntungkan.

Kendati demikian, Pemkab Pesisir Selatan akan terus melakukan peningkatan dan pembenahan pada setiap objek wisata, baik sarana dan prasarana maupun pelayanan dan pengamanan.

“Kita ingin menciptakan suasana wisata yang paling indah, aman dan nyaman. Bagaimana pengunjung dapat menikmati keindahan alam dengan aman dan nyaman. Itu merupakan kunci utama, agar objek wisata selalu dikunjungi,” ujarnya.

Hendrajoni mencontohkan, salah satu komitmen untuk melakukan pengembangan pariwisata itu, belum lama ini di Kawasan Wisata di Sungai Nyalo Mudiak Aia, pihak kenagarian telah mengalokasikan dana desa untuk pembelian lampu taman yang dipasang di sepanjang pinggiran Pantai Sungai Nyalo.

Sesuai yang dikatakan oleh Wali Nagari Sungai Nyalo Mudiak Aia Marjam, Nagari Sungai Nyalo sebagian dari Kawasan Mandeh terus berbenah diri, agar jumlah kunjungan wisatawan bisa selalu meningkat.

“Kita sengaja menganggarkan dana desa untuk pembelian lampu taman, agar pinggiran pantai Sungai Nyalo semakin indah jika dipandang pada malam hari,” ujarnya.

Selain itu, untuk memaksimalkan potensi pariwisata pihak Kenagarian juga melakukan pembenahan kepada beberapa sarana dan pemberdayaan kepada masyarakat nagari. Salah satunya menganggarkan dana desa untuk pembelian tanaman, pelatihan menjahit, sablon dan membeli peralatannya .

“Pada 2019 ini, juga akan dialokasikan dana untuk pembangunan sarana dan prasarana, sehingga ketika wisatawan datang ke kawasan Mandeh, khususnya Sungai Nyalo, bisa meninggalkan kesan tersendiri yang baik,” jelasnya.

Marjam menambahkan, tahun ini beberapa pembangunan sarana pariwisata tetap menjadi prioritas, karena jalan Sungai Pisang Mandeh telah mulus. Maka, akan semakin banyak wisatawan datang ke Sungai Nyalo.

Lihat juga...