Pemkab Wilayah Pegunungan Diminta Aktif Lakukan Perekaman e-KTP

124

JAYAPURA — Pemerintah Provinsi Papua melalui Dinas Sosial, Kependudukan dan Catatan Sipil (Dinsosdukcapil) meminta kabupaten di wilayah pegunungan untuk lebih aktif lagi melakukan perekaman kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP).

Kepala Dinsosdukcapil Provinsi Papua, Ribka Haluk, mengatakan pasalnya hingga kini presentase perekaman e-KTP di Bumi Cenderawasih masih di bawah 75 persen.

“Selain itu, salah satu kendala yang dihadapi karena hampir sebagian besar kabupaten di wilayah pegunungan tengah presentasenya masih di bawah 10 persen,” katanya di Jayapura, Jumat (25/1/2019).

Menurut Ribka, bahkan ada kabupaten yang masih nol persen atau sama sekali belum melakukan perekaman e-KTP di wilayahnya dan kurang pro aktif mendukung program nasional tersebut.

“Intinya kepala daerah, kepala kampung, RT/RW dan masyarakat harus ikut serta untuk membantu kami dari Dinsosdukcapil untuk menggerakkan warga dari kampung-kampung yang belum melakukan perekaman e-KTP secara keseluruhan,” ujarnya.

Dia menjelaskan, pihaknya mengaku harus menghabiskan cukup banyak waktu hanya untuk mencari warga dan menjelaskan kegunaan dari perekaman e-KTP, bahkan memakan biaya yang lumayan banyak.

“Padahal, perekaman e-KTP memiliki fungsi dan kepentingan sangat banyak, contohnya, jika masyarakat hendak membuat jaminan kesehatan (BPJS) atau bantuan pendidikan buat anak, tentunya kartu identitas ini sangat dibutuhkan termasuk kepentingan dalam pemilu,” katanya lagi.

Dia menambahkan pihaknya hingga kini masih melihat pemerintah kabupaten sama sekali belum pro aktif dalam mendukung Dinsosdukcapil untuk menggerakkan warga melaksanakan perekaman e-KTP. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...