Pemko Padang Cek Kanker Serviks Ribuan Masyarakat

Editor: Satmoko Budi Santoso

215

PADANG – Pemerintah Kota (Pemko) Padang, Sumatera Barat, menjaring ribuan masyarakat untuk melakukan tes Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA). Kegiatan ini dilakukan beriringan dengan Gebyar Bulan Bakti IVA Tes, yang diselenggarakan di Kecamatan Padang Barat.

Camat Padang Barat, Eri Sendjaya, mengatakan, kegiatan tes IVA itu perlu dilakukan, karena kaum ibu bisa dikatakan cukup rentan diancam oleh penyakit kanker serviks (leher rahim).

Setidaknya dengan adanya kegiatan tersebut, dapat memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat bahwa perlu untuk melindungi diri dari ancaman kanker serviks tersebut.

Persoalan kanker serviks, katanya, memang sudah menjadi perbincangan para kaum ibu, karena jika ada yang mengidap kanker tersebut, hal yang ditakutkan ialah bakal berurusan dengan nyawa.

Untuk itu, dengan adanya tes IVA itu, dapat memberikan informasi kepada masyarakat, tentang kondisi kesehatan badan, terutama yang berhubungan dengan kaum perempuan.

Ia menjelaskan, kanker leher rahim atau disebut juga kanker serviks adalah sejenis kanker yang 99,7% disebabkan oleh human papilloma virus (HPV) onkogenik, yang menyerang leher rahim.

Data tersebut, didapatkannya dari sejumlah referensi, yang juga menyebutkan bahwa di Indonesia hanya 5 persen yang melakukan Penapisan Kanker Leher Rahim, sehingga 76,6 persen pasien ketika terdeteksi sudah memasuki Stadium Lanjut (III B ke atas).

Menurutnya, hal tersebut dikarenakan Kanker Leher Rahim biasanya tanpa gejala apapun pada stadium awal. Penapisan dapat dilakukan dengan melakukan tes pap smear dan juga IVA.

“Di negara berkembang, penggunaan secara luas program pengamatan leher rahim mengurangi insiden kanker leher rahim yang invasif sebesar 50% atau lebih,” katanya, Jumat (11/1/2019).

Eri menjelaskan, kebanyakan penelitian menemukan bahwa infeksi human papillomavirus (HPV) salah satu penyebab untuk semua kasus kanker leher rahim. Jadi untuk perawatan termasuk operasi pada stadium awal, dan kemoterapi dan/atau radioterapi pada stadium akhir penyakit.

Hal tersebut yang juga menjadi alasan kuat bagi Pemerintah Kota Padang melakukan kegiatan tes IVA. Setidaknya meski dalam cakupan di Kota Padang, melalui kegiatan itu dapat menyelamatkan para kaum perempuan dari ancaman kanker serviks.

Selain itu, dengan adanya Gebyar Bulan Bakti IVA Tes juga dapat untuk memupuk rasa kebersamaan dan semangat seluruh penggiat IVA Tes di Kecamatan Padang Barat.

Untuk itu, pada gebyar ini dilaksanakan penandatanganan komitmen bersama pelaksanaan IVA tes, pemasangan PIN IVA Tes, penyerahan reward bagi Kader IVA kelurahan yang membawa peserta IVA Tes terbanyak, penyerahan reward bagi kelurahan yang capaian persentase peserta IVA Tes tertinggi, dan serangkaian lomba tentang IVA Tes.

Gebyar Bulan Bakti IVA Tes Kecamatan Padang Barat diikuti Ketua Komisi I DPRD Kota Padang, Azirwan, Forkopimka Padang Barat, Kepala KUA Padang Barat, UPT DP3AP2KB, Pimpinan Puskesmas Padang Pasir beserta jajaran, ASN se-Kecamatan Padang Barat, Lurah se-Kecamatan Padang Barat, Ketua LPM se-Kecamatan Padang Barat, Ketua LKAM Kecamatan Padang Barat, Bundo Kanduang, Ketua MTI Kecamatan Padang Barat, Ketua TP PKK kecamatan dan kelurahan beserta jajaran, Penggiat Anti-Narkoba, Karang Taruna, dan Kader IVA se-Kecamatan Padang Barat.

“Kesuksesan IVA Tes di Kecamatan Padang Barat adalah tanggung jawab kita bersama. Ini kita lakukan bukan untuk mengikuti penilaian tingkat nasional saja, tapi ini merupakan gerakan nasional untuk membebaskan kaum ibu dari Kanker Serviks yang merupakan pembunuh nomor 1 bagi wanita,” tutur Eri.

Lebih lanjut dijelaskan, jumlah peserta mandiri yang melakukan pemeriksaan IVA di Puskesmas Padang Pasir terus meningkat. Dalam satu hari, peserta pemeriksaan IVA mencapai 50-100 orang.

“Fenomena ini bisa dikatakan sebagai gejala keberhasilan kita semua, terutama kader IVA Tes yang terjun langsung ke masyarakat, sosialisasi pemeriksaan IVA. IVA Tes bukan hanya untuk masyarakat, tapi untuk kita semua. Mari, para ibu yang mengikuti Gebyar Bulan Bakti IVA Tes untuk memberikan contoh kepada masyarakat dengan melakukan pemeriksaan IVA,” ajaknya.

Baca Juga
Lihat juga...