Pemkot Bekasi Pastikan, KS dan KIA Terdistribusi Merata

Editor: Satmoko Budi Santoso

276

BEKASI – Wakil Walikota Bekasi, Tri Adhianto, memastikan, penyebaran Kartu Sehat (KS) dan Kartu Identitas Anak (KIA) ke masyarakat merata di tahun ini. KS merupakan program jaminan kesehatan Pemerintah Kota Bekasi, yang dibiayai melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Bekasi.

“Untuk KS, saat ini, Pemkot Bekasi sedang menjalin perpanjangan kerjasama dengan beberapa Rumah Sakit (RS) swasta,” ungkap Tri Adhianto  di Pondok Melati, Jumat (4/1/2019).

Untuk distribusi kartu tersebut, Tri berharap, sampai akhirJanuari sudah terjalin kerjasama yang baik dengan sejumlah rumah sakit, dan selesai dengan hasil memuaskan.

Lebih lanjut Tri mengimbau bagi masyarakat Bekasi pemegang KS, yang masa berlakunya sudah habis tidak perlu diperpanjang. Artinya dapat digunakan sampai lima tahun ke depan.

“Tapi, tentu ada mekanisme lain dalam rangka efisiensi dan efektivitas, juga kelangsungan dalam optimalisasi serta manfaat kartu sehat tersebut,” tandas Tri.

Terkait pemberlakuan Kartu Identitas Anak, Tri menegaskan, saat ini belum mutlak digunakan sebagai kewajiban persyaratan anak masuk sekolah. Untuk itu dia mengimbau masyarakat tidak perlu mengantri untuk membuat KIA.

“Meskipun nanti anak mau melanjutkan sekolah ke tingkat selanjutnya, baik itu tingkat pertama atau pun tingkat akhir, KIA belum menjadi persyaratan yang harus dipenuhi,” tegasnya.

Lebih lanjut Tri mengakui,  bahan baku KIA masih terbatas. Namun demikian, ungkapnya, di bulan ini, sudah masuk tahapan lelang untuk penyediaan kartu. Diharapkan bulan depan mulai masuk proses cetak.

“Untuk KIA daftarkan saja lewat forum RW. Nanti forum RW mengurus ke kelurahan. Lalu nanti didata dan langsung didistribusikan langsung ke rumah-rumah warga,” pungkasnya.

Baca Juga
Lihat juga...