Pemkot Optimis Kawasan Kumuh di Yogyakarta Tertangani

Ilustrasi -Dok: CDN

Selain itu, pada tahun ini juga akan dilaksanakan penataan permukiman kumuh skala kawasan menggunakan dana APBN, sehingga diharapkan dapat mempercepat penanganan kawasan kumuh di Kota Yogyakarta.

“Besaran alokasi dana yang akan dikucurkan masih dibahas, tetapi bisa mencapai puluhan miliar rupiah,” kata Kepala Seksi Pengawasan Bangunan DPUPKP Kota Yogyakarta, Yunita Rahmi Hapsari.

Berdasarkan Surat Keputusan Wali Kota Yogyakarta Nomor 216 Tahun 2016, luas kawasan kumuh di Kota Yogyakarta mencapai 264,9 hektare.

Luas kawasan kumuh tersebut berkurang setelah pada 2017, Pemerintah Kota Yogyakarta dapat melakukan penanganan seluas 79 hektare.

Luasan kawasan kumuh yang bisa ditangani pada 2017 tersebut melebihi target awal, 40 hektare. Program penanganan kawasan kumuh terus dilanjutkan pada 2018 dengan luas kawasan kumuh yang dapat ditangani mencapai 40,82 hektare.

“Kecamatan dengan sisa kawasan kumuh paling luas yang harus ditangani berada di Jetis, yaitu mencapai 9,94 hektare,” katanya.

Sedangkan Kecamatan Umbulharjo yang pada awalnya menjadi kecamatan dengan kawasan kumuh terluas, hanya menyisakan 8,78 hektare kawasan yang perlu ditangani. (Ant)

Lihat juga...