hut

Pemungutan Suara Pemilu Bersamaan Ritus Samana Santa

Ilustrasi pemilu - foto : Dokumentasi CDN

KUPANG – Pelaksanaan Pemilu 2019 pada 17 April 2019 bersamaan dengan penyelenggaraan Ritus Samana Santa.

Dengan kondisi tersebut, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Flores Timur (Flotim), Nusa Tenggara Timur (NTT), menyiapkan sejumlah antisipasi, khususnya untuk kegiatan Rabu Trewa. Antisipasi dilakukan untuk mengoptimalkan tingkat kehadiran pemilih di Tempat Pemungutan Suara (TPS). “Antisipasi dilakukan dengan mengkoordinasikan hal tersebut bersama sejumlah multi pihak. Terutama pihak hirarki gereja,” kata Juru Bicara KPU Flores Timur, Kornelis Abon, Sabtu (26/1/2019).

Rabu Trewa merupakan tanda masuk masa perkabungan tri hari suci Paskah. Di daerah tersebut, dimulai dengan Lamentasi atau Ratapan Nabi Yeremia. Saat gelaran tersebut, Kota Larantuka menjadi sunyi sepi tanpa aktivitas, bagai kota mati.

Dalam hubungan dengan ritual keagamaan di daerah itu, forum multi pihak yang terdiri dari Pemerintah, DPRD, Forum Kerukunan Umat Beragama, perwakilan tokoh Flores Timur, telah menyampaikan usulan perubahan jadwal ke KPU RI, dan juga Kementerian Dalam Negeri.

Namun sampai sekarang belum ada arahan KPU. “KPU telah melakukan langkah taktis di antaranya, berkoordinasi dengan multi pihak, terutama pihak hirarki gereja untuk kepentingan mengajak warga untuk tetap menjalani ritus semana santa (khusus rabu trewa), tetapi menyempatkan beberapa menit untuk menggunakan hak pilih di TPS pada hari H. Langkah taktis lain adalah, melakukan mapping lokasi TPS, terutama yang berada di sekitaran jalur prosesi yang tidak mengganggu aktivitas tikang turo,” tambahnya.

KPU juga gencar menyosialisasikan pentingnya menggunakan hak plilih pada hari H, dengan tagline KPU goes to community. Kegiatan sosialisasi tersebut, melibatkan 55 orang Relawan Demokrasi. Karena itu diharapkan, kegiatan Samana Santa di Flores Timur, tidak menurunkan partisipasi pemilih dalam Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, serta anggota legislatif dan DPD pada 17 April 2019. (Ant)

Lihat juga...