Pengembang Perumahan di Purwakarta Wajib Miliki Pengelolaan Sampah

Pengolahan sampah. -Dok: CDN

PURWAKARTA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta, Jawa Barat, mewajibkan seluruh pengembang perumahan di daerah tersebut, memiliki fasilitas pengelolaan sampah. Fasilitas yang dimiliki harus memadai, agar di masa yang akan datang, tidak terjadi permasalahan sampah di komplek perumahan yang dibangun.

“Saya banyak menerima laporan pengaduan terkait permasalahan sampah, khususnya di perumahan-perumahan. Ini akan menjadi perhatian,” kata Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika, Selasa (1/1/2019).

Mustika menyebut, laporan pengaduan masyarakat terkait permasalahan pembuangan sampah, banyak muncul dari warga perumahan di daerah itu. Laporannya cukup mendominasi, dalam layanan SMS Center Pemkab Purwakarta di sepanjang 2018. Kondisi tersebutlah, yang pada akhirnya memunculkan aturan, setiap perumahan di wilayah Kabupaten Purwakarta, wajib memiliki unit pengelolaan sampah yang baik dan benar.

Bahkan, secara tegas Bupati Mustika menyatakan, pemerintahaan yang dipimpinnya tidak akan mengeluarkan izin pembangunan perumahan, jika pengembang tidak memiliki fasilitas pengelolaan sampah yang memadai. “Saya sudah meminta kepada Badan Pelayanan Perizinan Satu Pintu kalau, yang mengajukan izin perumahan harus memiliki pengelolaan sampah,” tandasnya.

Termasuk di daerah industri, Dia tegas meminta, para pemilik jasa kontrakan rumah, agar menyediakan tempat sampah. “Karena sering kali menjadi keluhan masih banyaknya yang membuang sampah di sembarang tempat,” pungkasnya. (Ant)

Lihat juga...