Penuhi Hak Penduduk, Disdukcapil Sleman Rekam KTP Elektronik Napi

316

SLEMAN  – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis, melakukan perekaman KTP elektronik kepada warga binaan, narapidana (napi) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas II A Yogyakarta, Pakem, Sleman dalam upaya memenuhi hak-hak penduduk tanpa terkecuali.

Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kabupaten Sleman, Endang Mulatsih, mengatakan, pihaknya telah melakukan perekaman kepada warga binaan yang merupakan penduduk asli Sleman.

“Ada sebanyak 81 warga binaan asal Sleman yang menghuni Lapas Narkotika, seluruhnya telah melakukan perekaman KTP-el,” katanya.

Menurut dia, sampai saat ini proses perekaman KTP-el sudah hampir terpenuhi seluruhnya. Sebanyak 98,68 persen warga wajib KTP sudah melakukan perekaman.

“Warga yang belum melakukan perekaman agar segera melapor. Saat ini masih sekitar 10 ribu penduduk Sleman belum melakukan perekaman. Mayoritas warga wajib KTP pemula,” katanya.

Sedangkan, Kepala Seksi Pembinaan Narapidana dan Anak Didik Lapas Narkotika Kelas II A Yogyakarta, Supar, mengakui, senang dengan adanya program jemput bola dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman tersebut.

Menurutnya, kegiatan tersebut merupakan wujud perhatian pemerintah terhadap hak-hak warga binaan di Kabupaten Sleman.

“Warga binaan juga sangat antusias dengan program ini. Mereka juga jadi mempunyai hak pilih pada Pemilu 2019 ,” tandas Supar. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...