Perayaan Natal Bersama, Anies Ajak Jemaah Utamakan Persatuan

Editor: Makmun Hidayat

271

JAKARTA — Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menegaskan kegiatan Perayaan Natal Bersama Pemprov DKI Jakarta dengan belasan ribu umat Kristen dan Katolik di Gedung Ecovention Ancol, yang diselenggarakan setiap tahun, ini mampu menunjukkan persatuan dan diharapkan mewujudkan kebahagiaan di Jakarta.

“Ini adalah perayaan bersama. Ini adalah tanda kebersamaan kita. Inilah Indonesia kita. Perasaan cinta kepada tanah air kita menyatukan kita,” ungkap Anies di Gedung Ecovention Ancol, Jalan Lodan Timur No. 7, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Jumat (11/1/2019).

Dalam kesempatan tersebut Anies menyampaikan pesan keutuhan dan solidaritas bangsa Indonesia yang sedang diuji melalui bencana alam di beberapa wilayah. Anies berpesan agar jemaah mengutamakan persatuan, dan menegaskan bahwa Indonesia dibangun agar warganya saling menghormati.

“Mari di tahun baru ini kita berkarya dengan hati sepenuh hati agar menjangkau setiap hari yang ada di Kota Jakarta ini,” ajak Anies seraya mengatakan semoga kebahagiaan yang kita rasakan menjadi kebahagiaan yang mengikat antarhati kita semakin kuat.

Tak ketinggalan, Anies juga menyampaikan apresiasi atas kerja keras panitia dan masyarakat yang hadir dalam kegiatan perayaan Hari Natal bersama.

Anies pun berharap momen pemilihan umum serentak pada bulan April mendatang mampu membuktikan masyarakat Jakarta yang tidak mudah terpecah belah, serta dapat melaluinya dengan kedewasaan dan kematangan.

Sebelumnya, Kepala Biro Pendidikan, Mental dan Spiritual DKI Jakarta, Hendra Hidayat, memastikan perayaan Natal bersama yang dibuat Pemprov DKI Jakarta akan dihadiri 13 ribu orang.

Hendra mengatakan, perayaan Natal tahun 2018 yang diselenggarakan di awal 2019 berbeda dari tahun biasanya. Sebab, ditahun ini para tamu yang hadir bukan hanya pegawai PNS DKI hingga Anggota DPRD DKI saja, melainkan acara ini terbuka bagi seluruh warga Jakarta .

“Ini Natal pertama yg dihadiri oleh semua komponen baik dari masyarakat ataupun pegawai pemprov, pegawai Sekretariat DPRD, anggota dewan juga petugas DKI. Undangan ada 13 ribu orang,” kata Hendra saat ditemui di Balai Kota Jakarta, Jakarta Pusat, Jumat (11/1/2019).

Acara Natal bersama dimulai dengan ibadah bersama umat kristen dan katolik pada pukul 17.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB. Setelah itu acara dilanjutkan dengan perayaan Natal diiringi lagu-lagu rohani dan juga materi khotbah dari Uskup Agung Jakarta Mgr. Ignatius Suharyo.

Kegiatan yang dilakukan setiap tahun ini dihadiri oleh perwakilan dari Keuskupan Agung Jakarta, Persekutuan Oikumene, Persekutuan Gereja-gereja dan Lembaga-lembaga Injili Indonesia (PGLII), Persekutuan Gereja-gereja Pentakosta Indonesia, Gereja Orthodox Indonesia, Bala Keselamatan Indonesia, Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh (GMAHK), dan Persekutuan Baptis Indonesia (BPI).

Pemberian dana hibah bagi yayasan umat Kristiani dan lembaga keagamaan tersebut juga diserahkan secara simbolis oleh Anies dalam kegiatan itu.

Baca Juga
Lihat juga...