Petani di Kulon Progo Berhasil Tanam Kurma hingga Berbuah

Editor: Koko Triarko

6.393

YOGYAKARTA – Seorang petani di Kaupaten Kulon Progo, berhasil membudidayakan pohon kurma hingga berbuah. Hal ini sangat langka ditemukan, mengingat tanaman tersebut berasal dari Timur Tengah.

Petani itu adalah Wahab, warga Dusun Kriyan IV, Karangwuni, Wates, Kulon Progo. Ia menanam kurma dari biji sejak sekitar 6-7 tahun lalu, dan baru nampak berbuah sekitar tiga bulan kemarin.

Pohon kurma setinggi kurang lebih tiga meter, mengeluarkan dua gerombol buah. Masing-masing gerombol mengeluarkan puluhan biji buah. Biji buah kurma itu sendiri nampak berbentuk lonjong berukuran 3-4 cm, dengan warna hijau kekuningan.

Buah kurma yang ditanam Wahab -Foto: Jatmika H Kusmargana

“Awalnya, dulu saya hanya beli kurma, sepulang dari ziarah ke makam Wali Songo di Gersik, Surabaya. Saya beli 3 kilo seharga Rp60 ribu. Sesampai di rumah saya makan, lalu bijinya saya kumpulkan dan saya semai. Dari sekian banyak biji kurma itu, hanya dua yang dapat tumbuh. Satunya mati dan satunya hidup sampai sekarang ini,” katanya, Sabtu (12/01/2019).

Selama kurang lebih enam tahun memelihara pohon kurma, Wahab mengaku tak melakukan perawatan khusus. Ia hanya membiarkan tanaman asal Timur Tengah itu tumbuh di dekat kandang ternaknya.

“Saya sendiri juga tidak tahu kenapa di sini bisa berbuah. Apalagi, ini dari biji kurma kering. Karena ada tetangga yang menanam bibit langsung dari Arab, tapi sampai 15 tahun juga belum bisa berbuah,” katanya.

Berbuahnya pohon kurma milik Wahab ini pun menjadi kabar yang menarik bagi warga sekitar. Tak sedikit warga dari sejumlah dusun maupun desa lain, datang ke rumah Wahab untuk sekadar melihat pohon kurma miliknya.

“Ini saya sedang mencoba membibitkan lagi. Ada tiga buah pohon yang sudah bisa tumbuh dan saya tanam. Sementara ini masih belum ada niat untuk dijual. Tapi, tidak tahu nanti,” katanya.

Baca Juga
Lihat juga...