PKBM SBN Buka Pendaftaran Kejar Paket A, B, dan C, Gratis

Editor: Koko Triarko

1.134
 Sekretaris PKBM SBN, Wilayah Bekasi, Chandra Gunawan -Foto: M Amin

BEKASI – Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Smart Bangun Negeri, wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat, membuka pendaftaran untuk masyarakat yang belum menyelesaikan pendidikan. Kesempatan tersebut dibuka gartis untuk umum, melalui program kejar paket A, B dan C.

“Program kejar paket A, B, dan C dipusatkan di Kelurahan Jatisampurna, Kecamatan Jatisampurna, Kota Bekasi, dan dibuka secara gratis sampai menerima ijazah kelulusan,” ujar Sekretaris PKBM Smart Bangun Negeri Wilayah Kota Bekasi, Chandra Gunawan, Kamis (31/1/2019).

Dikatakan, pembukaan program tersebut terbuka untuk umum, tidak dibatasi wilayah. Tetapi, peserta program kejar paket harus bisa hadir setiap hari Minggu, untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar yang dipusatkan di Graha Cempaka 39, jalan Cempaka RT/RW 02/08, Kelurahan Jatisampurna, Kecamatan Jatisampurna, Kota Bekasi.

Menurutnya, sistem penilaian mengikuti tingkat kehadiran. PKBM hanya memberikan materi dan difoto kopi oleh peserta, untuk belajar di rumah. Ada pun tenaga pendidik ada sekitar 30 orang, yang direkrut dari guru tingkat SD, SMP dan SMA, di Kota Bekasi.

“Kegiatan ini adalah murni kerja sosial yang digerakkan oleh aktivis dan para pemuda, seperti karang taruna yang peduli terhadap pendidikan,”papar Chandra.

Peserta Kejar Paket di PKBM Smart Bangun Negeri, dijadwalkan akan mengikuti ujian serentak pada 2020. Sebelumnya, mereka akan mengikuti ujian nasional berbasis komputer (UNBK) dengan mengikuti kalender pendidikan.

Dalam pelatihan, imbuhnya, PKBM menggandeng Koperasi Lembur Mandiri (KLM) Kranggan. Sehingga peserta tidak hanya akan mendapatkan ijazah kejar paket, tetapi akan mendapat keahlian kewirausahaan, seperti keahlian IT, peternakan dan pembibitan atau pun pengetahuan seputar Usaha Kecil Menengah (UKM).

“Untuk ujian paket, akan dilaksanakan di Kranggan, kelurahan Jatirangga,” tandasnya.

Saat ini, jumlah peserta yang sudah mendaftar tercatat untuk paket C (setingkat SMA) 153 orang, Paket B 76 orang, dan A 37 orang. Saat ini, pendaftaran masih dibuka sampai akhir Maret 2019.

Untuk pendaftaran, ungkap Chandra, calon peserta kejar paket sebaiknya datang langsung, karena harus menyerahkan berkas, seperti foto kopi ijazah terakhir, KTP, Akte Lahir, Kartu Keluarga, foto ukuran 2 x 3 dan 3 x 4 dengan background berbeda- beda.

Untuk pendaftaran bisa datang langsung ke PKBM Smart Bangun Negeri di Graha Cempaka 39, atau untuk paket C bisa mendaftar di Jalan Lembur V RT/RW 02/02 Kelurahan Jatirangga, Kota Bekasi.

Lihat juga...