PLN Masih Uji Coba Operasionalisasi PLTMG Wairita

Editor: Mahadeva

297

MAUMERE – PLN masih melakukan uji coba pengoperasian Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Wairita. Pembangkit listri tersebut, berada di Desa Hoder, Kecamatan Waigete, yang berjarak sekira 13 kilometer arah Timur Kota Maumere.

Manager Perencanaan PLN area Flores Bagian Timur (FBT) I Wayan Adi Harimbawa.Foto : Ebed de Rosary

“Memang uji coba pengoperasiannya masih dilakukan. Sebelumnya di Desember 2018 juga dilakukan uji coba, namun dihentikan sementara waktu, karena ada hari raya Natal dan Tahun Baru,” sebut General Manager PLN area Flores Bagian Timur, Lambas Pasaribu, Rabu (9/1/2019).

Pengujian yang dilakukan, akan selesai di akhir Januari 2019. Pengujian wajib dilakukan, agar bisa mengantongi Sertifikat Laik Operasi (SLO)  dari Dirjen Ketenagalistrikan Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Setelah SLO dikantongi, PLTMG Wairita sudah bisa beroperasi melayani kebutuhan listrik bagi Kabupaten Sikka serta Flores Timur dan Ende.

Manager Perencanaan PLN area FBT, I Wayan Adi Harimbawa, menambahkan, PLN sedang melaksanakan uji coba pengoperasian perdana, dan pengujian pembebanan PLTMG Wairita. “Kami sudah melakukan rapat untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti pohon tumbang yang bisa menyebabkan putusnya jaringan listrik. Persiapan yang kami lakukan sudah matang sekali, tetapi kami juga perlu antisipasi sehingga tidak terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan,” sebutnya.

Selama pengujian, Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD), juga disiagakan. Dengan demikian, bila PLTMG bermasalah, mesin diesel langsung bisa beroperasi, dengan demikian tidak terjadi pemadaman listrik. “Sistem komunikasi pun ditambah, dimana yang selama ini PLTD dan kantor PLN area FBT, kini ditambah dengan PLTMG. Setelah dilakukan pengoperasian perdana dan uji coba berlangsung mulus maka akan langsung dipergunakan,” tuturnya.

Dengan pengoperasian PLMG, maka kebutuhan daya listrik besar untuk skala industri seperti pabrik sudah bisa dilayani. PLN sudah memiliki daya listrik yang mencukupi bahkan lebih. “Dengan demikian, sebuah daerah akan semakin berkembang. Listrik juga akan menjangkau seluruh pelosok desa dimana saat ini jaringan listrik sudah mencapai ibukota desa,” ungkapnya.

Saat ini, PLN sedang melakukan penggantian kabel listrik yang terbungkus, sehingga saat terkena ranting pohon tidak ada permasalahan. Kabel listrik juga diganti dengan kabel yang lebih kuat dan berkualitas lebih baik. Karena PLTMG masih baru, pengoperasiannya diserahkan kepada divisi proyek PLN.

Namun demikian, tetap bekerjasama dengan PLN area FBT. Setekah transfer ilmu berjalan maka kantor pusat PLN akan menunjuk pihak yang mengoperasikannya. “Seiring kebutuhan,nantinya mesin diesel akan diberikan ke pulau-pulau agar bisa menambah daya yang telah ada. Untuk pulau yang belum memiliki PLTD maka akan dibangun PLTD sendiri,” tambahnya.

PLTMG Wairita memilik kapasitas daya 40 Mega Watt (MW), sehingga bisa memenuhi kebutuhan listrik di Kabupaten Sikka bahkan Kabupaten Flores Timur di bagian Timur Maumere. Dari perhitungan, suplay bisa mencapai wilayah Kabupaten Ende di bagian Barat Maumere.

Baca Juga
Lihat juga...