Polres Oku Ungkap 133 Kasus Narkoba

182
Ilustrasi -Dok: CDN

BATURAJA – Jajaran Polres Ogan Komering Ulu, Sumatra Selatan, melalui Satuan Narkoba, sepanjang 2018 mengungkap 133 kasus penyalahgunaan narkoba dan menangkap pengedar serta pemakainya.

Kapolres Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan, AKBP NK Widayana Sulandari, diwakili Kasat Narkoba, AKP Widhi Andika Darma, mengatakan, bahwa sepanjang 2018 pihaknya berhasil mengungkap 133 kasus penyalahgunaan narkoba sekaligus menangkap sebanyak 156 tersangka pengedar dan pemakainya.

“Jumlah tersangka bandar atau pengedar narkoba yang kami tangkap sebanyak 139 orang, sedangkan sisanya merupakan pemakai,” katanya, Minggu (13/1/2019).

Menurut dia, jumlah kasus narkoba yang ditangani oleh pihaknya itu mengalami peningkatan dibandingkan pada 2017, yaitu hanya berjumlah 88 kasus, dengan tersangka yang ditangkap berjumlah 116 orang.

“Dari jumlah tersebut, 89 tersangka di antaranya merupakan bandar narkoba, sedangkan 27 orang lagi yang kami tangkap dan amankan itu statusnya hanya pemakai,” jelasnya.

Pihaknya juga menyita barang bukti narkoba berbagai jenis, seperti sabu-sabu, ganja, dan ekstasi yang diamankan dari tangan tersangka pengguna dan pengedarnya.

“Para tersangka melanggar Undang Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dan saat ini sudah ditahan untuk menjalani proses hukum,” ujarnya lagi.

Dia menjelaskan, banyak kasus narkoba yang berhasil diungkap tersebut, berkat kerja keras jajaran Polres OKU melalui Satres Narkoba dalam memutus jaringan dan peredaran narkotika di wilayah itu.

“Kami juga gencar melalukan razia di sejumlah kawasan yang rawan dijadikan tempat peredaran narkoba, untuk mengantisipasi peredarannya di Kabupaten Ogan Komering Ulu ini,” pungkasnya. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...