Porprov VIII Sulteng Digelar Setelah Pemilu 2019

Ilustrasi KONI - Foto: Dokumentasi CDN

PALU – Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VIII Sulawesi Tengah (Sulteng), yang semula diagendakan berlangsung November 2018, akan digelar setelah Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Sebelumnya, Porprov VIII Sulteng, ditunda akibat bencana alam 28 September 2018 silam.

“Kita laksanakan pada April 2019 setelah pelaksanaan Pemilihan Presiden/Wapres, DPR, DPRD dan DPD sudah selesai,” kata Kepala Sekretariat KONI Sulteng, Edison Ardiles, Jumat (18/1/2019).

Jika tidak ada gempa dan tsunami, yang terjadi pada 28 September 2018 di Palu, Donggala dan Sigi, pelaksanaan Porprov yang akan dipusatkan di Kabupaten Parigi Moutong, dipastikan digelar sesuai jadwal yang telah diagendakan.

Namun, karena adanya bencana alam tersebut, porprov terpaksa dibatalkan dan dijadwalkan kembali untuk dilaksanakan April usai Pemilu. KONI sangat berharap, semua kabupaten dan kota di Sulteng bisa mengirimkan atlet terbaiknya di Porprov VIII. Apalagi waktu untuk mempersiapkan atlet mengikuti ajang olahraga antar kabupaten dan kota di Sulteng itu cukup memadai. “Karena itu, tidak ada alasan bagi kabupaten dan kota di Sulteng untuk tidak mengikutinya,” tandasnya.

Selain untuk memberikan kesempatan bagi atlet masing-masing daerah mengukir prestasi, porprov juga merupakan ajang penjaringan atlet, yang akan dipersiapkan mengikuti berbagai kejuaraan nasional seperti kejurnas dan babak kualifikasi PON. Atlet-atlet daerah yang berprestasi di porprov, selanjutnya akan mengikuti prakualifikasi PON untuk merebut tiket ke PON XX yang dijadwalkan berlangsung di Papua pada 2020.

Setelah porprov, akan dilanjutkan dengan Pelatda PON. “Semua atlet cabang olahraga yang berhasil merebut tiket ke PON akan digodok melalui pemusatan latihan (pelatda) terpusat seperti yang dilakukan tahun-tahun sebelumnya,” tambahnya.

Porprov VIII di Parigi Moutong akan mempertandingan sebanyak 20 cabang olahraga. Dalam catatan KONI Sulteng, ada sejumlah cabang olahraga yang memiliki prestasi bagus di tingkat nasional seperti tinju, karate, pencak silat, sepak takraw putri, bina raga dan dayung. Pada PON XIX, cabang-cabang tersebut berhasil merebut medali perak dan perunggu bagi Sulteng. (Ant)

Lihat juga...