hut

Posyandu di Margamulya Dibantu Tensimeter

Editor: Mahadeva

BEKASI – Sebanyak 24 Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di Kelurahan Margamulya, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi, Jawa Barat (Jabar), mendapat bantuan alat kesehatan tensimeter, untuk mengukur tekanan darah.

Lurah Margamulya Yudistira – Foto M Amin

Bantuan diberikan, sebagai dukungan dalam peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, dari Yayasan Assa Anugerah Persada. “Kelurahan, hanya sebagai fasilitator untuk membagikan langsung kepada kader Posyandu yang tersebar di setiap RT dan RW,” kata Lurah Margamulya, Ahmad Yudistira, saat membagikan bantuan tensimeter, Jumat (4/1/2019).

Bantuan tersebut, sebagai Corporate Social Responsibility (CSR). Bantuan tersebut sesuai dengan kebutuhan bidang kesehatan utamanya Posyandu. “Selama ini Posyandu, di kelurahan Margamulya, meminjam ke pihak Puskesmas setempat untuk melakukan tensi darah,” ujar Yudis.

Kepala Puskesmas Kelurahan Margamulya, Yuni, saat mengedukasi kader Posyandu cara penggunaan tensimeter mengatakan, alat tensi darah tersebut berfungsi untuk mengukur tekanan darah. “Menggunakan alat tersebut kader Posyandu dapat mengukur tensi darah tinggi atau rendah. Untuk tensi darah normal ukurannya, 120 per 80 milimeter (MM). Jika tekanan lebih atau kurang dari ukuran standar bisa diketahui,” jelas Yuni.

Tensimeter sebenarnya ada dua jenis, manual dan digital. Alat manual, biasa digunakan paramedis. “Nanti diajarkan cara penggunaannya ke kader Posyandu. Biasanya di masyarakat bagusnya alat tensi yang otomatis langsung keluar angka,” tandas Yuni.

Kelurahan Margamulya, memilki 24 Posyandu, dan semuanya menerima bantuan tensimeter. Pembagian dilakukan langsung oleh Lurah didampingi kepala Puskesmas setempat dengan disaksikan pihak Yayasan.

Lihat juga...