Program PTSL di Sidoarjo, Cetak 60 Ribu Sertifikat Tanah

356
Ilustrasi -Dok: CDN

SIDOARJO – Program Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) di Sidoarjo, sukses mencetak 60 ribu sertifikat tanah. Badan Pertananan Nasional (BPN) Sidoarjo, telah membagikan sertifikat yang masuk dalam pelayanan program di 2018 tersebut.

“Target telah terlampaui, dengan diterbitkannya sertifikat tanah yang diserahkan tahun ini. Sebanyak 60 ribu bidang tanah tersebut tersebar di 39 desa yang berada di sembilan kecamatan di Kabupaten Sidoarjo,” ungkap Kepala BPN Sidoarjo, Humaidi.

Penyerahan sertifikat tersebut, adalah bagian dari tahap pertama program sertifikat PTSL tahun anggaran 2018. Setelahnya, penyerahan akan dilakukan oleh masing-masing desa. “Keberhasilan program PTSL tidak terlepas dari peran serta dan kerja sama yang sinergi antara semua pihak. Mulai dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah serta masyarakat itu sendiri ” katanya.

BPN juga telah menerbitkan 16 sertifikat aset milik Pemerintah Kabupaten Sidoarjo. BPN juga telah menerbitkan sertifikat tanah kas desa, diantaranya aset Pemerintah Desa Singopadu, Desa Kajeksan, Desa Kemantren, Desa Grogol, Desa Grinting serta Desa Medalem.

Sertifikat tanah desa tersebut, semuanya ada 186 bidang. Kesemuanya berada di Kecamatan Tulangan.”Empat sertifikat tanah yang dipergunakan untuk rel kereta api juga diserahkan kepada Balai Teknik Perkereta Apian Jawa Timur dalam kesempatan kali ini serta menerbitkan sertifikat tanah yang dipergunakan untuk jalan nasional sebanyak tiga bidang yang diserahkan kepada Balai Besar Jalan Nasional 8 Surabaya,” katanya.

Bupati Sidoarjo, Saifullah, mengatakan, pemerintah daerah menyambut baik Penyerahan Sertifikat PTSL dan aset pemerintah tersebut. “Dengan diterbitkannya sertifikat tersebut, meningkatkan status kepemilikan tanah yang kuat dimata hukum. Dengan memiliki sertifikat, tidak perlu dikhawatirkan lagi timbul permasalahan sengketa tanah dikemudian hari,” tandasnya. (Ant)

Lihat juga...