Ragam Manfaat Daun Sirih untuk Sembuhkan Berbagai Macam Penyakit

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

LOMBOK — Salah satu jenis tanaman obat yang kaya akan khasiat dan banyak dimanfaatkan masyarakat untuk pengobatan dengan cara tradisional sampai sekarang adalah daun sirih.

Bahkan oleh orang tua zaman dulu, banyak dijadikan sebagai penghangat badan dan memperkuat gigi dengan cara dikunyah dicampur buah gambir dan kapur putih atau dalam bahasa masyarakat Sasak Lombok disebut ‘apuh’.

Ibu Rauhun, salah satu tabib sekaligus ahli urut tradisional Lombok Tengah mengatakan, setiap melakukan pengobatan, daun sirih wajib digunakan dengan cara dikunyah untuk ramuan pengobatan warga yang datang berobat.

“Kalau di kampung, hampir wajib ada, karena khasiat yang sangat banyak menyembuhkan berbagai penyakit,” kata Rauhun, Jum’at (4/1/2019).

Ia mengatakan, beberapa penyakit yang bisa disembuhkan menggunakan daun sirih antara lain, demam, sakit perut dengan cara meminum rebusan yang telah dimasak pada air sampai mendidih.

Digunakan untuk mengobati keseleo atau patah tulang dengan cara dikunyah atau ditumbuk dicampur buah gambir sampai halus, kemudian ditaburkan pada bagian badan atau tulang yang mengalami keseleo atau patah.

“Daun sirih bisa juga untuk obat batuk dan obat gatal, akibat alergi makanan atau gigitan serangga, dengan cara meminum air rebusan dan mandi,” katanya.

Selain itu juga bisa digunakan untuk mengobati kanker payudara, payudara bengkak, tumor, diabetes dan beberapa jenis penyakit lain.

Rosdiana, salah satu warga mengaku biasa memanfaatkan daun sirih untuk menghilangkan bau badan akibat keringat yang sangat menggangu.

“Saya biasanya mudah keringatan, sampai lengan baju kelihatan basah akibat keringat dan kalau sudah keringatan, baunya sangat menggangu dan malu kalau dekat teman, tapi semenjak rutin minum dan mandi rebusan, sekarang sudah berkurang,” katanya.

Menurutnya bisa juga digunakan untuk menghilangkan bau mulut dengan cara berkumur menggunakan rebusan air daun sirih.

Lihat juga...