Ribuan Atlet se-Sumatera Berlaga di Danrem Cup

Editor: Mahadeva

184
Ketua Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (FORKI) Sumatera Barat Hendra Irwan Rahim /Foto: M. Noli Hendra 

PESISIR SELATAN – Kejuaraan Karate Danrem Cup se-Sumatera yang diselenggarakan di GOR Zaini Zein Pincuran Boga Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, diikuti 1.125 atlet. Mereka berasal dari 64 kontingen dari berbagai provinsi.

Ketua Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (FORKI) Sumatera Barat (Sumbar), Hendra Irwan Rahim, mengatakan, banyaknya atlet yang mengikuti kejuaraan, dipengaruhi oleh cakupan wilayah kejuaraan se-Sumatera. Peserta yang hadir mulai dari Aceh, hingga Lampung. Dari kejuaraan itu, FORKI bisa mendapatkan karateka berprestasi, untuk diutus ke kejuaraan yang tingkatnya lebih tinggi.

“Kita sangat mengapresiasi Pesisir Selatan yang telah bersedia menjadi tuan rumah, dengan berbagai sarana dan fasilitas yang diberikan. Saya berharap cabang olahraga karate semakin terus berkembang dan mampu menghasilkan atlet-atlet yang berprestasi,” tandas Hendra, Jumat (4/1/2019).

Hendra menyebut, kejuaraan Danrem Cup, akan menjadi agenda tahunan di Sumatera Barat. Tujuanya untuk memotivasi para atlet agar lebih bersemangat, meningkatkan prestasi dan kemampuanya. “Dari itu mari kita bersama-sama mendukung olahraga karate, sebab karate termasuk salah satu cabor terbaik yang dimiliki oleh Sumatera Barat,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Danrem Cup, Letkol Arh Wahyu Akhadi, menjelaskan, kejuaraan tersebut, mempertandingkan 53 kelas. Mulai dari kelas ringan, kelas usia dini, pra pemula, junior hingga kelas senior, dipertandingkan. “Dari 53 kelas yang diperebutkan, ada 1.125 atlet yang bertanding. Mereka itu berasal dari 64 kontingen mulai dari Aceh hingga Lampung,” ungkapnya.

Total hadiah yang diberebutkan Rp 50 juta. “Kita berharap pemenang bisa lebih giat lagi belajar dan berlatih, supaya bisa meraih prestasi ke tingkat yang lebih tinggi,” jelasnya.

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni, mengatakan, kejuaraan Karate Danrem Cup, digelar selama empat hari. “Sebagai tuan rumah, saya bersama Kodim 0311 Pesisir Selatan merasa bangga. Selain itu saya juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah ikut berpartisipasi aktif dalam mensukseskan kejuaraan ini,” sebutnya.

Kejuaraan tersebut, dapat membantu mempromosikan Pesisir Selatan, terutama untuk potensi wisata yang dimiliki. Termasuk juga, membantu proses pencarian bibit-bibit karakyteka berprastasi.

Baca Juga
Lihat juga...