Rumah Solusi di Malang Bantu Pelaku UKM Pasarkan Produk

Editor: Koko Triarko

254

MALANG – Tim Penggerak PKK (TP-PKK) Kota Malang, terus berupaya membantu para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam memasarkan produk, salah satunya dengan menghadirkan Rumah Solusi di Gedung Kartini Imperial Building.

Ketua TP-PKK Kota Malang, Widayati Sutiaji, menyebutkan, saat ini dunia telah memasuki era revolusi industri 4.0. Hal ini akan berdampak pada seluruh aktivitas hidup dan kehidupan masyarakat. Bahkan, pada pola pikir yang akan berpengaruh pada sendi-sendi kehidupan secara menyeluruh.

“Pada sektor pola konsumen, contohnya, masyarakat akan mengikuti alur dan tren kekinian. Untuk itu, pemerintah kota Malang telah mengambil langkah-langkah pasti dengan usaha meningkatkan kelas UMKM berbasis kekinian, dengan menghadirkan Rumah Solusi,” ujarnya,m saat me-launching Rumah Solusi, Kamis (24/1/2019).

Wali Kota Malang, Sutiaji, bersama Ketua TP-PKK, Widayati Sutiaji, meresmikan Rumah Solusi di Kota Malang -Foto: Agus Nurchaliq

Menurutnya, Rumah Solusi hadir sebagai wahana penguatan UMKM di Kota Malang, dengan memfokuskan untuk mendorong ekonomi riil yang digerakkan oleh masyarakat kelas menengah ke bawah, dengan pola manajemen milenial yang berbasis koperasi.

Keberadaan Rumah Solusi juga sebagai galeri oleh-oleh khas Malang, tempat menampung hasil industri rumah tangga dan semua produk UMKM, mulai dari berbagai makanan olahan atau kuliner khas Malang, sampai barang-barang kerajinan serta penyediaan bahan pokok dan kebutuhan bahan dasar rumah tangga dengan harga grosir.

“Kami sadar akan pentingnya suatu tempat belanja yang terintegrasi, agar semua kebutuhan dapat terpenuhi. Kita harus mengikuti arus global, namun bingkai ekonomi kita harus mengedepankan kegotongroyongan, dengan tujuan agar pengangguran dapat dikurangi dan terbukanya lapangan kerja yang luas,” ungkapnya.

Menurutnya, peran UMKM dalam menggerakkan sektor ekonomi, sangat signifikan ikut membangun dan membantu pemerintah menyediakan lapangan pekerjaan.

“Ke depan, Rumah Solusi tidak hanya ada di gedung Kartini, tetapi juga akan melebarkan sayap, bekerja sama dengan toko kelontong yang ada di kelurahan maupun RW,” katanya.

Sementara itu, Wali Kota Malang, Sutiaji, menyambut baik apa yang telah dilakukan TP-PKK bersama beberapa stakeholders dengan menghadirkan Rumah Solusi.

“Terima kasih kepada TP-PKK Kota Malang, yang telah bekerja sama dengan para stakeholders menghadirkan Rumah Solusi untuk membantu memasarkan produk UMKM, sekaligus memudahkan masyarakat dalam mendapatkan bahan kebutuhan pokok dengan harga yang lebih murah,” pungkasnya.

Lihat juga...