Sampah DKI 327 Ton Usai Perayaan Malam Tahun Baru

Editor: Makmun Hidayat

201
Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Isnawa Adji - Foto: Lina Fitria

JAKARTA — Perayaan malam pergantian tahun 2019 telah usai, petugas pun langsung melakukan pembersihan di seluruh wilayah Jakarta. Total sampah yang berhasil dikumpulkan sekitar 327 ton.

“Sampah yang terkumpul pada malam perayaan tahun baru sebanyak 327 ton. Jumlah ini turun dari tahun sebelumnya yang mencapai 780 ton. Pukul 04.00 WIB, Ibukota telah kembali bersih,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Isnawa Adji, melalui pesan singkatnya, di Jakarta Pusat, Selasa (1/1/2019).

Menurut Isnawa, jumlah sampah jauh menurun dibanding tahun lalu karena selain turun hujan, sebagian besar warga menuruti imbauan Pemprov DKI Jakarta untuk merayakan pergantian tahun secara sederhana mengingat bencana yang terjadi di beberapa daerah.

Isnawa mengatakan lokasi penyumbang sampah terbanyak, diantaranya di Kawasan Monas yang berhasil dikumpulkan 45 ton sampah, Bundaran HI dikumpulkan 22 ton sampah, dan sepanjang Jalan Sudirman-M.H. Thamrin dikumpulkan 26 ton sampah.

“Sampah terbanyak itu dari Monas,” ujarnya.

Selain menyiapkan personel, Dinas kebersihan juga mempersiapkan berbagai alat kebersihan yang akan menunjang. Dinas kebersihan antara lain menyiapkan 100 mobil truk pengangkut sampah, 50 mobil penyapu jalan otomatis atau sweeper, 40 mobil penyapu lintas.

“Dengan adanya persiapan yang dinilai cukup memadai ini, diharapkan pada sekitar jam 6 sampai jam 8 pagi, Jakarta sudah kembali bersih tanpa ada sampah malam tahun baru 2019 yang tersisa,” paparnya.

Selain itu dia mengungkapkan memimpin langsung proses pembersihan sampah di sekitar Jalan Sudirman-Thamrin, Bundaran Hotel Indonesia, kawasan Monas, Jalan Gajah Mada-Hayam Wuruk, Kota Tua dan Patung Tani.

“Kami juga tugaskan semua Kasudin, Kepala Bidang, bahkan kepala dan wakil kepala dinas, untuk turun langsung ke lapangan. Sebelumnya, kami pantau semua titik keramaian di Jakarta. Begitu acara usai dan massa mencair, proses pembersihan langsung dimulai,” sebutnya.

Menurut dia, proses pembersihan dapat dilaksanakan dengan cepat, karena sebelumnya petugas bersama komunitas masyarakat telah membagikan 10 ribu kantong sampah kepada para pedagang kaki lima dan meletakan ribuan dust bin di titik-titik keramaian.

“Kami apresiasi kepedulian warga yang telah meletakan sampah di tempatnya. Itu sangat membantu petugas,” katanya.

Menurut Isnawa, proses pembersihan relatif mudah karena sampah banyak yang sudah terkumpul ini. “Sedangkan untuk pembersihan jalan, kami kerahkan 50 unit road sweeper. Pembersihan pun cepat,” tuturnya.

Sementara Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, memastikan kebersihan Jakarta usai perayaan tahun baru 2019. Anies mengatakan jajaran Dinas Lingkungan Hidup akan langsung membersihkan sampah di lokasi yang digunakan perayaan tahun baru.

“Tim LH stand by, begitu acara selesai mereka membersihkan seluruh sampah baik di kawasan Monas,” kata Anies di Bundaran HI dini hari, Selasa (1/1/2019).

Dia juga memantau langsung saat kebersihan sampah malam pergantian tahun baru. “Iya saya mantau,” ucap Anies.

Baca Juga
Lihat juga...