hut

Sebuah Lahan Jagung di Gunungkidul Viral

Editor: Mahadeva

YOGYAKARTA – Beberapa waktu terakhir, sebuah ladang jagung di Gunungkidul, DI. Yogyakarta mendadak viral. Lahan pertanian tersebut setiap hari ramai dikunjungi wisatawan. Lokasi wisata dadakan tersebut di Dusun Candi, Desa Giring Kecamatan Paliyan.

Karena pemandangannya, kawasan tersebut saat ini mendapatkan julukan Sumba-nya Yogyakarta.  Lahan jagung seluas kurang lebih 120 hektare tersebut, terdiri dari beberapa petak tersebut, sepintas mirip dengan padang Sabana di Nusa Tenggara Timur. Hamparan tanaman jagung nampak menghijau menyelimuti gundukan-gundukan bukit karst yang berbentuk seperti batok kelapa.

Beberapa orang menjuluki kawasan tersebut sebagai bukit Teletubbies. “Dulu kawasan ini adalah hutan jati milik Dinas Kehutanan. Tapi beberapa bulan lalu semua pohon jati dipanen. Lalu diganti dengan tanaman jagung ini. Mungkin karena ada yang lewat lalu motret dan di kirim ke media sosial jadi banyak yang tahu dan akhirnya datang kesini,” ujar salah seorang warga setempat, Dimas, Minggu (20/1/2019).

Saat Cendananews berkunjung, bukit Bagus nampak ramai dikunjungi wisatawan. Warga mulai dari remaja, anak-anak, hingga orang tua, terlihat mengabadikan panorama unik dan jarang ditemui tersebut. Kamera handphone, kamera SLR bahkan drone menjadi pilihan untuk mengabadikan indahnya pemandangan.

Kawasan ladang jagung di dusun Candi, desa Giring kecamatan, Paliyan, kabupaten Gunungkidul nampak ramai oleh wisatawan – Foto: Jatmika H Kusmargana

Namun, karena memang bukan lokasi objek wisata, di bukit Bagus tidak terdapat fasilitas pendukung, seperti lahan parkir, toilet, gazebo dan sarana lain. Akibatnya, kendaraan pengunjung harus diparkir di tepi jalan.

Warga, melalui Karangtaruna desa setempat, terlihat mulai menyediakan kantong parkir sementara. Namun letaknya agak jauh dari lokasi Bukit Bagus. “Sejak beberapa hari terakir ada ratusan pengunjung yang datang kesini. Apalagi jika hari libur dan akhir pekan seperti Sabtu dan Minggu. Bisa sampai 200 hingga 300 kendaraan,” imbuh Dimas.

Salah seorang pengunjung Andri asal Yogyakarta – Foto: Jatmika H Kusmargana

Tak hanya memberi pemasukan bagi pemuda desa, keberadaan ladang jagung yang mendadak viral tersebut, memberikan dampak positif bagi ibu-ibu warga desa sekitar. Mereka mendirikan warung sederhana di tepi jalan untuk menjual berbagai macam makanan dan minuman ringan, snack.  “Sudah seminggu ini jualan, tapi hanya Sabtu-Minggu. Ya, semenjak kawasan ini mulai ramai. Kebetulan rumah saya juga cuma dekat sini,” ujar Endang, salah seorang pedagang.

Salah seorang pengunjung asal Yogyakarta, Andri, mengaku tertarik datang ke Bukit Bagus, karena penasaran. Ia mengetahui keberadaan spot unik tersebut dari media sosial. “Penasaran aja. Liat di foto, pemandanganya bagus. Makanya kesini. Ternyata memang bagus, walaupun panas. Maklum karena ini kan memang ladang jagung,” katanya.

Bukit bagus terletak sekira 45 kilometer dari Yogyakarta. Untuk menuju lokasi tersebut, dapat menumpuh rute Jalan Jogja hingga Wonosari. Sesampai di Pertigaan Siyono, ambil arah kanan menuju Jalan Kyai Ageng Giring. Lokasi bukit Bagus berada tidak jauh dari lokasi wisata rohani Makam Kyai Ageng Giring.

Lihat juga...