hut

Tahun Ini, Syarat Sertifikasi Guru Harus S1

Ilustrasi - Dok. CDN

PENAJAM – Tenaga pendidik atau guru yang akan mengikuti sertifikasi uji kompetensi guru di 2019, harus memiliki gelar sarjana atau minimal lulusan S-1.

“Syarat untuk bisa mengikuti UKG (Ujian Kompetensi Guru) bagi tenaga pendidik di 2019 semakin berat,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Marjani, Sabtu (19/1/2019).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, telah melakukan revisi syarat peserta mengikuti UKG. Jika sebelumnya, pendidikan guru minimal lulusan setingkat pendidikan menengah atas serta D-3, agar bisa mengikuti sertifikasi guru.

Namun di 2019, harus lulusan sarjana atau progran S-1 PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar). “Pendidikan kualifikasi S-1 atau setingkat D-4 itu, syarat administrasi yang harus dipenuhi masing-masing peserta UKG untuk bisa mengikuti tahapan selanjutnya,” ungkapnya.

Dipastikan, UKG atau sertifikasi guru di 2019, berbeda dari penyelenggaraan di tahun-tahun sebelumnya. Hal itu dikarenakan, adanya keinginan untuk meningkatkan kualitas pengajar. Sementara itu tercatat, 58 tenaga pendidik di Kabupaten Penajam Paser Utara, di 2018 mengikuti UKG. Namun, hanya 37 orang yang berhasil lulus. Sisanya, 21 guru dinyatakan gagal atau tidak lulus. “Guru yang dinyatakan tidak lulus uji kompetensi guru itu, harus kembali mengulang mengikuti sertfikasi guru pada 2019,” pungkas Marjani. (Ant)

Lihat juga...