Tanggul Jebol, Dinas SDA DKI Sudah Memperbaiki

Editor: Satmoko Budi Santoso

218

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengatakan, tanggul jebol di kawasan Jatipadang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, sudah ditangani oleh Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI.

Anies mengaku, sudah mendapatkan laporan dari Kepala Dinas SDA DKI, Teguh Hendrawan, terkait penanganan tanggul jebol.

“Dia sudah laporan ke saya. Sudah ada foto-fotonya, sudah ditangani sejak malam. Ada petugas pasukan biru di sana,” kata Anies di Gedung DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (14/1/2019).

Anies memastikan, sampai saat ini, Dinas SDA DKI masih melakukan perbaikan tanggul yang jebol.

“Dinas SDA DKI masih terus melakukukan perbaikan tanggul yang jebol,” ujarnya.

Orang nomor satu di Ibu Kota DKI Jakarta itu berjanji, akan memberitahukan perkembangan terbaru untuk penanganan tanggul jebol di Jatipadang tersebut.

“Nanti kita update lagi kalau sudah ada perkembangannya,” tuturnya.

Sementara, Suku Dinas Sumber Daya Air Pemerintah Kota Jakarta Selatan, bakal melakukan analisa untuk memperkuat turap atau tanggul yang jebol di bantaran Kali Pulo, Jati Padang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, besok, Selasa (15/1/2019).

“Besok jika cuaca terang dan air surut, baru kita analisa buat memperkuat tanggul yang lebih teknis, biar kuat,” ujar Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air Pemerintah Kota Jakarta Selatan, Holi Susanto, saat dikonfirmasi terpisah.

Sebelumnya, Kepala Dinas SDA DKI, Teguh Hendarwan, menegaskan, tanggul yang jebol di Jatipadang bukan Tanggul Baswedan. Melainkan tanggul yang dibangun warga sendiri.

“Tapi bukan Tanggul Baswedan seperti yang diberitakan di media. Melainkan tanggul warga,” kata Teguh.

Teguh mengaku, sejak mendapatkan informasi mengenai tanggul jebol, pihaknya langsung mengirimkan satuan petugas (satgas) pasukan biru dari Suku Dinas (Sudin) SDA Jakarta Selatan dan bidang aliran, kemarin malam. Hingga saat ini, pasukan biru masih terus melakukan perbaikan tanggul tersebut.

“Kita lakukan percepatan penanganan tanggul jebol, pastinya. Progres percepatan penanganan tanggul masih terus dilakukan,” pungkasnya.

Diberitahukan, sebelumnya tanggul Kali Pulo, di Jati Padang, jebol pada Minggu (13/1/2019) malam. Tanggul yang dibuat atas inisiatif Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk mengatasi banjir pada tahun 2017 itu, tak kuat menahan volume air.

Akibatnya, air setinggi 60 sentimeter menggenangi rumah warga RT 03 dan RT 04 di RW 06, Jati Padang. Sebanyak 20 petugas Sudin SDA Jakarta Selatan dikerahkan untuk membuat crucuk atau struktur tiang-tiang kayu dolken, serta menimbun karung-karung pasir untuk menahan laju air Kali Pulo.

“Kami sudah memasang crucuk dolken dan menimbun karung-karung pasir untuk menjadi penahan sementara,” katanya.

Berdasarkan pantauan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jakarta, banjir yang sempat menggenangi rumah warga di RT 03 dan RT 04, RW 06, Jati Padang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, telah surut hari ini.

Baca Juga
Lihat juga...