Tekan Golput, Relawan Demokrasi Dorong Partisipasi Pemilih

321

SABANG  – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Sabang, Provinsi Aceh, meminta 55 relawan demokrasi di daerah tersebut untuk mendorong partisipasi pemilih pada pemilu serentak, 17 April 2019.

“Mereka harus mendorong partisipasi pemilih pada pemilu serentak,” kata anggota KIP Kota Sabang Akmal Said di Sabang, Rabu.

Ia menegaskan bahwa relawan demokrasi bertugas menyosialisasikan tahapan pemilu guna meminimalisasi angka golongan putih (golput).

“KPU Pusat menargetkan partisipasi pemilh pada pemilu serentak 77,5 persen. Kami optimistis di Sabang mencapai target itu,” katanya.

Ia berharap, mereka bekerja maksimal di 11 basis yang telah ditetapkan sesuai dengan PKPU RI Nomor 10 Tahun 2018 tentang Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum.

Dalam Pasal 15 disebutkan bahwa sasaran pendidikan pemilih meliputi keluarga, pemilih pemula, pemilih pemuda, pemilih perempuan, pemilih penyandang disabilitas, pemilih berkebutuhan khusus, pemilih marginal, komunitas, keagamaan, relawan demokrasi, dan warga internet.

“Kami berharap para relawan demokrasi tersebut bisa mengajak semua elemen masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya pada pemilu serentak tahun ini,” katanya.

Masyarakat pada tanggal 17 April 2019 akan memilih pasangan calon presiden dan wakil presiden, calon anggota DPD RI, DPR RI, dan DPRD Provinsi, serta DPRD/DPRK kabuputen/kota. (Ant)

Lihat juga...