TPI Tutup, Stok Ikan Laut di Purwokerto Berkurang

Editor: Mahadeva

PURWOKERTO – Pasca tsunami di Selat Sunda, stok ikan laut di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Cilacap terus menurun. Nelayan tidak berani melaut terlalu lama, sehingga pasokan ikan menjadi berkurang. Pada akhir dan awal tahun baru (31 Desember 2018 dan 1 Januari 2019), TPI Cilacap tutup total.

Dampaknya, pedagang ikan di Pasar Wage Purwokerto kehabisan stok. Penjualan ikan akhirnya menurun dratis. Salah satu pedang ikan di Pasar Wage Purwokerto, Karip, mengatakan, Dia baru buka kios pada Rabu (2/1/2019). Kios dibuka untuk menghabiskan sisa stok dagangan. Stok ikan baru dikirim dari TPI pada Kamis (3/1/2019) sore.

Akhirnya, Karip berjualan dengan dagangan seadanya yang dimiliki. ʺKiriman ikan baru datang Kamis sore, jadi ini hanya sedikit dagangannya. Yang banyak hanya ikan lele,ʺ tuturnya, Kamis (3/1/2019).

Selain karena gelombang tinggi serta tutupnya TPI, kelangkaan ikan di Purwokerto juga karena permintaan naik. Beberapa restoran dan rumah makan, meminta dikirim ikan lebih banyak. ʺMasih suasana liburan juga, sehingga restoran dan rumah makan masih ramai, karena orang-orang dari luar Kota Purwokerto masih banyak yang berada di sini,ʺ jelasnya.

Meskipun permintaan naik dan stok menipis, Karip mengaku tidak menaikan harga. Hal itu dilakukan karena harga dari TPI juga tidak naik. Sejumlah ikan yang biasa dijual adalah, ikan kacang, kembung, kakap, cumi-cumi, dan udang. Untuk udang berukuran besar, dijual Rp80 ribu per kilogram, ukuran kecil Rp50 ribu perkilogram. Cumi ukuran kecil dijual Rp50 ribu perkilogram.

Dalam satu hari, Karip biasanya mampu menjual beraneka jenis ikan laut, sampai total 1,5 kuintal. Tetapi sekarang menurun dratis. ʺPenjualan jelas turun dratis, sampai 50 persen lebih, karena memang stoknya tidak ada. Biasanya, saya dipasok ikan dua hari sekali, ini terakhir di pasok ikan 30 Desember lalu dan baru Kamis sore pasokan baru datang,ʺ kata Karip.

Kios-kios ikan di Pasar Wage yang biasanya buka sampai menjelang sore hari, saat siang sudah banyak yang tutup. Bahkan ada yang memang tidak buka, karena tidak mempunyai stok ikan.

Lihat juga...