Unit Tabur Puja Diharapkan Mampu Hapus Rentenir di Desa Krambilsawit

Editor: Mahadeva

YOGYAKARTA – Keberadaan Unit Simpan Pinjam Tabur Puja, diyakini mampu menumbuhkan pengembangan usaha di Desa Krambilsawit, Saptosari, Gunungkidul. 

Ketua KUD SHS Mandiri Krambilsawit, Antono Putra – Foto: Jatmika H Kusmargana

Ketua KUD SHS Mandiri Krambilsawit, Antono Putra, meyakini keberadaan Unit Tabur Puja akan mampu mendorong pengembangan usaha desa hingga mencapai 60 persen.  “Adanya unit Tabur Puja ini akan sangat membantu akses permodalan bagi warga desa. Warga yang sebelumnya tidak memiliki usaha akan bisa memulai usaha. Sehingga diharapkan angka pengangguran di desa akan menurun,” ujarnya kepada Cendananews.

Selain itu, keberdaan unit simpan pinjam Tabur Puja, yang merupakan bagian dari program Desa Mandiri Lestari, binaan Yayasan Damandiri, juga diyakini mampu meminimalisir rentenir atau lintah darat. Selama ini, rentenir kerap menjerat warga Krambilsawit. Unit Simpan Pinjam Tabur Puja, menawarkan akses modal dengan persyaratan yang lebih mudah, bunga lebih ringan, serta berbagai keuntungan lain, dibandingkan pinjaman dari rentenir.

“Tak sedikit warga yang selama ini terjerat rentenir. Karena itu adanya Tabur Puja ini diharapkan mampu mengurangi infeksi rentenir. Agar modal usaha benar-benar dimanfaatkan untuk keperluan usaha. Tidak sekedar untuk keperluan konsumtif,” tambahnya.

KUD SHS Mandiri Krambilsawit, juga akan mendorong pemerintah desa setempat, mengeluarkan kebijakan melalui Peraturan Desa (Perdes), menolak keberadaan rentenir di Desa Krambilsawit. Hal itu diperlukan agar kesejahteraan warga dapat meningkat.

“Kita akan dorong Pemerintah Desa keluarkan Perdes menolak rentenir. Karena sekarang desa melalui KUD sudah memiliki sumber modal usaha Tabur Puja. Tidak perlu ada rentenir. Karena selain pinjaman dipotong dan bunganya tinggi, cicilan rentenir juga harus dibayar tiap minggu. Sehingga modal yang mestinya untuk usaha justru habis sebelum digunakan untuk menjalankan usaha,” katanya.

Sebagaimana diketahui Yayasan Damandiri melalui program Desa Mandiri Lestari, berupaya mengatasi persoalan kemiskinan di Desa Krambilsawit. Berbagai program pemberdayaan digulirkan. Salah satunya adalah pendirian Unit Simpan Pinjam Tabur Puja. Melalui KUD Krambilsawit, Yayasan Damandiri menggelontorkan dana milyaran rupiah sebagai sumber modal usaha bagi warga.

Lihat juga...