Usulan Overpass Rawalo Pemkab Banyumas, Disetujui Kemenhub

Editor: Satmoko Budi Santoso

PURWOKERTO – Usulan Pemkab Banyumas untuk membangun overpass pada perlintasan kereta api di Dusun Kaliwangi, Desa Tambaknegara, Kecamatan Rawalo, Kabupaten Banyumas, disetujui oleh Kementrian Perhubungan (Kemenhub). Tahun ini juga, Kemenhub siap menganggarkan untuk pembangunan overpass di Kecamatan Rawalo.

Pernyataan tersebut disampaikan Wakil Bupati Banyumas, Sadewo Tri Lastiono, Senin (14/1/2019). Menurutnya, overpass di perlintasan kereta api tersebut sangat diperlukan untuk mengatasi kemacetan. Sebab kemacetan di kawasan tersebut sudah parah, terlebih jika sudah diberlakukan jalur dobel track. Frekuensi KA yang bertambah akan semakin menambah panjang kemacetan.

“Kita menyampaikan dua proposal usulan ke pemerintah pusat, dan yang sudah ada kepastian bisa dilaksanakan yaitu pembangunan overpass di perlintasan kereta api Rawalo. Lewat Komisi V DPR, sudah diteruskan ke Kementrian Perhubungan dan informasinya, tahun ini bisa dianggarkan,” jelasnya.

Sadewo menuturkan, karena jalur tersebut termasuk jalan nasional, maka usulan disampaikan kepada Kemenhub. Sementara proposal satunya disampaikan kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), yaitu terkait usulan pembangunan fly over di Jalan Veteran, Kelurahan Tanjung, Kecamatan Purwokerto Selatan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Banyumas, Irawadi, mengatakan, proposal yang diajukan belum menyebut usulan besaran anggaran, karena soal anggaran diserahkan kepada pemerintah pusat sepenuhnya. Namun dalam hitungan kasar, untuk pembangunan overpass di Kecamatan Rawalo dibutuhkan anggaran sampai Rp100 miliar.

“Untuk overpass di Kecamatan Rawalo, kalau ditangani dari APBN, anggarannya bisa sampai Rp100 miliar. Kalau dukungan dari APBD kita belum tahu nanti, bentuknya seperti apa. Karena ini masih menunggu Detail Engineering Desaign (DED) dulu dari pemerintah pusat,ʺ jelas Irawadi.

Sejauh ini, Dinas Perhubungan (Dinhub) Kabupaten Banyumas, sudah melakukan kajian terkait kondisi kemacetan lalu lintas di Rawalo. Kajian tersebut akan disampaikan kepada Kementrian Perhubungan untuk memberikan gambaran kondisi lokasi serta kemacetan yang terjadi.

Diharapkan tahun ini pembangunan overpass di Kecamatan Rawalo sudah dimulai, sehingga titik-titik kemacetan di Banyumas akan berkurang sedikit demi sedikit.

Lihat juga...