Wali Kota Bekasi Salurkan Bantuan Palu dan Donggala

Editor: Satmoko Budi Santoso

236

BEKASI – Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, menyalurkan langsung bantuan bencana untuk daerah Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, sebesar Rp1.279.399.000. Donasi tersebut terkumpul dari sumbangan masyarakat Kota Bekasi, Jawa Barat, selama tahun 2018 lalu.

“Hari ini, Wali Kota Bekasi didampingi seluruh camat, bertolak ke Palu dan Donggala Sulawesi Tengah, untuk menyerahkan bantuan hasil donasi masyarakat Bekasi,” ujar Kabag Humas Pemkot Bekasi, Sajekti Rubiah, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (7/1/2019).

Bantuan diserahkan langsung ke Wali Kota Palu, Hidayat. Turut serta dalam penyerahan itu, 12 camat se-Kota Bekasi. Program donasi tersebut merupakan ide kecamatan dengan membuat kegiatan khusus setiap akhir pekan untuk menggalang dana guna membantu korban bencana alam di Palu dan Donggala.

Didampingi Wali Kota Palu Hidayat, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi melihat langsung titik terdampak bencana.
– Foto: Istimewa

“Kegiatan aksi sosial di tahun 2018 dilaksanakan masing-masing kecamatan di Kota Bekasi dalam bentuk pagelaran wayang kulit. Setiap akhir pekan diisi dengan penggalangan dana. Hasilnya baru sekarang disalurkan langsung,” ungkap Sajekti.

Lebih lanjut Sajekti mengatakan, terkait harapan Wali Kota Bekasi  bahwa bantuan yang diberikan atas nama masyarakat Bekasi tersebut, bisa dimanfaatkan untuk membangun pelayanan kesehatan dan sarana pendidikan di Palu dan Donggala agar kembali normal.

Dalam kesempatan itu juga, Wali Kota Bekasi  menyampaikan pesan kepada seluruh warga Kota Bekasi yang telah mendonasikan harta untuk kegiatan sosial tersebut, bahwa sumbangan yang diberikan telah diantar langsung dan diberikan kepada Wali Kota Palu untuk digunakan dalam membantu pembangunan di sana.

Kabag Humas Pemkot Bekasi, Sajekti Rubiah. Foto: Muhammad Amin

Sajekti menyebut, bersama camat yang ikut serta ke Kota Palu dan Donggala, Wali Kota Bekasi melihat kondisi keadaan kota di sana, seperti jalan yang terbelah, jembatan penghubung jalan dari Kota Palu ke Donggala yang sudah terputus dan kunjungan ke beberapa titik kerusakan yang sampai sekarang masih perlu ditangani.

Sebelumnya, Wali Kota Bekasi memang menyatakan keinginannya bahwa donasi yang terkumpul dari seluruh warga Kota Bekasi tersebut dapat difokuskan untuk membantu pembangunan pendidikan di Palu atau Donggala.

“Seperti perbaikan sekolah yang rusak atau fasilitas pelayanan kesehatan,” tandas Rahmat Effendi.

Baca Juga
Lihat juga...