hut

Warga Serdang Bedagai, Didorong Membudidayakan Ikan Patin

Ikan Patin - Istimewa

SEIRAMPAH – Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, mendorong warganya, untuk mengembangkan budi daya ikan patin. Hal itu untuk membantu meningkatkan pendapatan dan perekonomian warga.

Wakil Bupati Serdang Bedagai, Darma Wijaya, mengatakan, masyarakat diharap membudidayakan ikan patin, karena ikan air tawar tersebut memiliki potensi cukup baik. Terutama untuk membantu meningkatkan perekonomian keluarga.

Ikan patin, sesuai adat di daerah tersebut, di setiap acara seperti resepsi, selalu menghadirkan menu makanan ikan patin. Dan program tersebut, juga dapat dimanfaatkan untuk mengajarkan kepada anak-anak, gemar makan ikan. “Ikan tidak mengandung kolesterol, jadi sangat baik bagi kesehatan dan tumbuh kembang anak kita, dengan mengolahnya menjadi masakan yang enak maka ikan patin bisa menjadi menu yang disukai dalam keluarga,” tandasnya, Kamis (10/1/2019).

Sebelumnya dalam rangka memperingati HUT ke-15 Kabupaten Serdang Bedagai, pemerintah daerah setempat menggelar lomba masak berbahan dasar ikan patin. Kegiatan itu juga bertujuan untuk memperkenalkan keanekaragaman masakan berbahan baku ikan. Hal itu untuk mendorong munculnya inovasi pembuatan menu berbahan baku ikan, kepada masyarakat. Termasuk membantu menyebarluaskan informasi tentang ikan.

Ikan patin, termasuk golongan ikan yang terjangkau harganya bagi masyarakat. Namun demikian, kandungan gizi ikan patin bermanfaat bagi kesehatan dan kecerdasan anak. “Memasak ikan tidak semudah yang kita banyangkan, memerlukan ketelitian, sehingga cita rasa dari masakan ikan tersebut tidak berubah. Ini juga salah satu kampanya gemar makan ikan,” pungkasnya. (Ant)

Lihat juga...