Warna Warni Percik Kembang Api Hiasi Langit Yogyakarta

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

165

YOGYAKARTA — Perempatan Kantor Pos Besar kawasan Titik Nol Kilometer Yogyakarta berubah menjadi lautan manusia pada malam pergantian tahun. Ribuan warga maupun wisatawan terlihat menyesaki icon kota Yogyakarta itu untuk menyambut tahun baru 2019.

Tepat saat detik-detik pergantian tahun, warga tanpa dikomando secara bersama-sama nampak membunyikan terompet. Sejumlah kembang api juga disulut bersamaan, hingga membuat langit di atas kawasan gedung Kantor Pos Besar, gedung BNI 45, dan Monumen Serangan Umum 1 Maret itu dipenuhi percik api warna-warni.

Seperti tak ingin kehilangan momen langka tersebut, ribuan warga sendiri nampak merekam suasana itu lewat kamera handphone.

Untuk bisa merasakan momen tersebut, sejumlah warga maupun wisatawan sendiri harus menunggu selama berjam-jam di kawasan tersebut. Bahkan sejumlah warga nampak terlihat ada yang rela menggelar tikar dan tiduran di lantai trotoar jalan kawasan Titik Nol Kilometer dan Jalan Malioboro.

Tak hanya orang dewasa, sejumlah orang tua, penyandang cacat hingga anak-anak pun larut dalam suasana momen perayaan tiap setahun sekali tersebut.

Langit Yogyakarta
Salah seorang warga Samini asal Kendal bersama keluarganya. Foto: Jatmika H Kusmargana

Seperti dilakukan Samini wisatawan asal Kendal. Datang bersama lima anggota keluarganya, ia mengaku sudah berada di kawasan Malioboro dan Titik Nol Kilometer sejak pukul 18.00 WIB sore. Hingga pukul 00.00 WIB mereka nampak menunggu dengan duduk lesehan bahkan berbaring di trotoar. Itu semua dilakukan hanya untuk dapat mencari posisi terbaik menyaksikan kembang api di Titik Nol Kilometer Yogyakarta.

“Sudah sejak sore tadi disini, pukul 18.00 wib. Karena lama ya akhirnya beli tikar dan menunggu disini. Biar bisa dapat tempat. Karena kalau baru datang saat sudah malam, takutnya harus berdesakan dan tidak dapat lihat kembang api. Apalagi bawa anak kecil,” ujarnya.

Sejumlah warga maupun wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta sendiri berharap tahun 2019 menjadi awal baru yang lebih baik bagi kehidupan mereka. Mereka juga berharap tidak ada lagi musibah maupun bencana yang melanda Indonesia di tahun depan. Termasuk terpilihnya pemimpin yang dapat membawa bangsa dan negara ke arah yang lebih baik.

“Ya mudah-mudahan ke depan semakin baik. Diberi kelancaran rizki, diberi kesehatan, kemudahan. Untuk bangsa, semoga tidak ada lagi bencana. Karena kan kemarin-kemarin banyak bencana baik gempa bumi atau tsunami. Selain itu semoga tahun 2019 ini juga muncul pemimpin bangsa yang bisa membawa negara ke arah yang lebih baik, lagi” ujar salah seorang warga Yunianto wisatawan asal Jakarta.

Baca Juga
Lihat juga...