hut

27 SMP di Gunung Kidul Belum Bisa Melaksanakan UNBK Mandiri

Ilustrasi

GUNUNG KIDUL — Sebanyak 27 sekolah menengah pertama di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, belum bisa melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer 2019 secara mandiri karena terbatasnya jumlah komputer dan jaringan internet yang belum tersedia.

“Tahun ini ada 27 sekolah yang melaksanakan UNBK digabung, menurun dari tahun lalu yang mencapai 58 sekolah. Semuanya sekolah swasta,” kata Kepala Disdikpora Gunung Kidul Bahron Rosyid di Gunung Kidul, Kamis (7/2/2019).

Ia mengatakan UNBK 2019 diikuti sebanyak 9.752 siswa dari 142 sekolah menengah tingkat pertama di Gunung Kidul. “Untuk sekolah negeri sudah bisa melaksanakan UNBK secara mandiri,” katanya.

Bahron mengatakan masalah tidak bisa mengikuti UNBK secara mandiri karena masalah komputer yang belum mencukupi, juga terkendala masalah server yang belum kompatibel.

“Sebagian besar masalah infrastruktur yang belum memenuhi standar yang berlaku,” katanya. Dia mengungkapkan siswa yang bergabung ke sekolah lain tidak masalah, karena mereka bisa mengerjakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Siswa tetap bisa ikut UNBK, meski harus mengerjakannya di sekolah lain,” katanya.

Dia mengatakan pemkab berupaya mempersiapkan infrastruktur agar pelaksanaan UNBK yang akan digelar April mendatang bisa dilaksanakan dengan baik. Untuk persiapan UNBK pihak disdikpora sudah berkoordinasi dengan PLN untuk tidak terjadi pemadaman listrik.

“Sekolah juga diimbau mempersiapkan genset,” katanya.

Bahron mengatakan dari sisi siswa juga dipersiapkan diantaranya dengan melakukan beberapa kali latihan. Selain itu juga memberikan pembekalan materi. “Semoga nilai rata-rata bisa membaik,” katanya. [Ant]

Lihat juga...