400 Titik Lampu Penerangan Jalan Siap Dipasang di Rejang Lebong

REJANG LEBONG  – Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, dalam waktu dekat akan menambah ratusan titik lampu penerangan jalan dalam beberapa kecamatan di daerah itu.

Kepala DPMPTSP Rejang Lebong, Afnisardi di Rejang Lebong, Sabtu, mengatakan, lampu jalan tambahan yang akan dipasang ini berjumlah 400 titik, di mana pemasangannya tersebar dalam 15 kecamatan.

“Lampu jalan akan diutamakan untuk kecamatan yang berada di kawasan Lembak yang posisinya berada di sepanjang Jalan Lintas Curup-Lubuklinggau mulai dari Kecamatan Selupu Rejang hingga Kecamatan Padang Ulak Tanding yang posisinya berbatasan langsung dengan Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan,” katanya.

Program pemasangan lampu jalan itu sendiri telah dimasukkan dalam APBD 2019 dengan besaran mencapai Rp1 miliar.

Lampu jalan yang akan mereka pasang ini akan menggunakan jaringan listrik PLN dan bukan lampu jalan yang menggunakan panel tenaga surya.

“Lampu jalan yang akan dipasang adalah lampu jalan yang terhubung dengan jaringan PLN, bukan menggunakan tenaga surya yang kami nilai belum efektif, kemudian biaya perawatannya tinggi serta rentan dicuri,” ujarnya.

Untuk biaya perawatan lampu jalan tenaga surya kata Afni, untuk satu titik membutuhkan accu atau aki yang didatangkan dari luar negeri dengan harga per unitnya mencapai Rp10 juta.

Salah satu lokasi pemasangan lampu jalan yang menggunakan tenaga surya ini berada di Jalan Lintas Curup-Lubuklinggau mulai dari Kelurahan Sukaraja, Kecamatan Curup Timur hingga ke Kelurahan Simpang Nangka, Kecamatan Selupu Rejang saat ini sudah banyak yang rusak. Padahal pengadaannya baru dilaksanakan 2015 lalu dengan anggaran Rp3 miliar.

Ia berharap lampu jalan ini juga dipelihara oleh masyarakat masing-masing kecamatan karena jika rusak atau hilang penggantiannya memakan waktu lama, mengingat pengadaannya memakan biaya yang cukup besar. (Ant)

Lihat juga...