Aksioma Jabar Digelar, Ribuan Peserta Siap Berkompetisi

Editor: Makmun Hidayat

576
Ketua pelaksana Aksioma, Yepi Agus Gunadi - Foto: M. Amin

BEKASI — Ajang Kreasi Seni dan Olahraga (Aksioma) tingkat Provinsi Jawa Barat resmi dilaksanakan di Kota Bekasi. Ajang tersebut akan berlangsung selama dua hari hingga Rabu (20/2/2019) dan melibatkan Madrasaha Aliyah (MA), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) dari 27 Kota dan Kabupaten se-Jawa Barat.

Giat yang dilaksanakan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat tersebut, rencana awal dibuka oleh Menteri Agama RI, Lukman Hakim, tetapi berhalangan hadir dan dibuka langsung oleh Kepala Kantor Wilayah A . Bukhari, di Asrama Haji, Kota Bekasi, Selasa (19/2).

“Aksioma 2019 tingkat Provinsi Jawa Barat diikuti ribuan peserta dari kota dan kabupaten,” kata Ketua Panitia Aksioma Jabar, Yepi Agus Gunadi, kepada Cendana News, Selasa (19/2/2019).

Dikatakan, untuk tingkat MA setiap kabupaten/kota mengirim 56, sedangkan untuk peserta tingkat MTs dan MI masing masing daerah mengirimkan 20 orang peserta termasuk ofisial guna mengikuti belasan cabang perlombaan.

Kegiatan perlombaan semua dilaksanakan di Kota Bekasi, dengan mengambil beberapa tempat seperti pertandingan futsal, volley bertempat di GORPatriot Chandrabaga, bulutangkis di gedung Adijaya dan beberapa tempat lainnya di Kota Bekasi.

Aksioma merupakan kegiatan rutin Kanwil Kementerian Agama di Provinsi Jawa Barat yang dilaksanakan setiap dua tahun sekali. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mencari bibit dari siswa yang akan diikutkan dalam perlomba Aksioma ditingkat nasional.

“Lokasi pertandingan pasti dibedakan untuk tingkat MA , MTs,  dan MI. Secara keseluruhan pesertanya mencapai 2000-an termasuk ofisial,” ungkap kepala sekolah MAN I Sukabumi ini.

Sementara Humas Kanwil Depag Kota Bekasi, Raden Deden, mengatakan Kanwil Depag Kota Bekasi hanya bertindak membantu dan menyiapkan beberapa tempat selaku fasilitator. Kegiatan tersebut adalah agenda tahun dalam rangka mencari bakat dari olahraga dan seni.

“Ini ajang bergengsi tingkat madrasah, untuk menuju madrasah unggul dan bermartabat dalam meraih prestasi,” tandasnya.

Adapun cabang yang diperlombakan meliputi, MTQ, tahfiz, pidato bahasa Arab, Ingris, dan Indonesia. Sedangkan dibidang olahraga perlombaanya meliputi badminton, atletik, volley, futsal.  Sementara dibidang seni, lomba kaligrafi dan lainnya. “Juara terbaik akan diikutkan ke tingkat nasional,” pungkasnya.

Baca Juga
Lihat juga...