Anies Ingin Festival Pecinan Terus Diadakan Tiap Tahun

Editor: Makmun Hidayat

302

JAKARTA —- Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengatakan ingin menjadikan kawasan Petak Sembilan menjadi salah satu destinasi utama wisatawan di Ibu Kota. Menurutnya kawasan Petak sembilan, Glodok, Jakarta Barat itu memiliki sejarah sebagai tempat lalu lintas budaya.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, di Festival Pecinan 2019, Glodok, Jakarta Barat, Selasa (19/2/2019). – Foto: Lina Fitria

“Tempat ini memiliki sejarah panjang dalam posisinya sebagai tuan rumah lintas suku bangsa. Baik itu nusantara maupun global,” ujar Anies di Festival Pecinan 2019, Glodok, Jakarta Barat, Selasa (19/2/2019).

Dia menyampaikan bahwa kawasan Glodok itu sudah ada sejak zaman kolonial sebagai tempat berkunjung warga Tionghoa. Keinginan, lanjut Anies, didasarkan pada sejarah panjang keberadaan kawasan Pecinan di Glodok.

“Saya berharap kawasan Glodok yang sudah ada sejak zaman kolonial ini dapat menjadi tempat berkunjung. Tidak hanya warga Jakarta, tetapi juga masyarakat global. Sehingga terjadi persenyawaan, yakni munculnya entitas baru masyarakat di Indonesia,” katanya.

Anies berharap budaya masyarakat Tionghoa di Jakarta tidak hanya dilestarikan, tetapi juga berkembang. “Jika cuma dilestarikan, dia akan menjadi museum. Namun, jika dikembangkan, dia akan ada terus untuk generasi masa depan,” ujar Anies.

Kemudian mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menyebut beragamnya budaya di Petak Sembilan harus dimanfaatkan untuk meningkatkan perekonomian. “Saya mengajak masyarakat di sini merawat budaya sehingga tempat ini tumbuh kembang secara ekonomi,” kata Anies.

Dia meminta kepada kepada warga Tionghoa di Jakarta, selalu menjaga budayanya sekaligus menjadi daya tarik wisata Ibu Kota. “Nantinya kawasan Petak 9, Kota Tua, dan sekitarnya bisa menjadi paket wisata bagi turis yang datang,” imbuh Anies.

Selanjutnya Anies berharap di tahun babi tanah yang menurut kepercayaan warga Tionghoa adalah tahun keberuntungan bisa dirasakan dan membawa rezeki oleh seluruh warga Jakarta. “Seperti juga nama tahunnya, mudah-mudahan tahun ini menjadi tahun yang membawa rezeki pada semuanya menambah kemakmuran,” jelasnya.

Selanjutnya orang nomor satu di Ibu Kota Jakarta mengingatkan bahwa perayaan cap go meh sebagai salah satu penanda pentingnya persatuan di Jakarta. “Penting menjaga Agara suasana teduh danau bersahabat dengan semua, agar persatuan bisa terjaga,” paparnya.

Anies juga berterima kasih kepada keluarga besar Perhimpunan Tionghoa Indonesia (INTI) sebagai penyelenggara Festival Pecinan. Menurut dia, kelompok tersebut merupakan contoh kelompok masyarakat yang turut menjaga persatuan.

Diberitahukan Festival Pecinan 2019 berlangsung pada Selasa ini hingga Rabu (20/2/2019), di Jalan Pancoran, Glodok, Jakarta Barat.

Suku Dinas Perhubungan Jakarta Barat menyediakan tiga titik parkir untuk pengunjung Festival Pecinan 2019. Tiga titik parkir tersebut adalah parkiran di Jalan Pintu Besar Selatan, Gedung Pancoran China Town, dan Pasar Raya Glodok.

Jalan Pancoran sisi utara akan ditutup selama penyelenggaraan Festival Pecinan 2019 yakni Selasa hingga Rabu (20/2/2019).

Lihat juga...