Anies Siap Dalami soal Izin ‘Food Street’ di Pantai Maju

Editor: Makmun Hidayat

306

JAKARTA — Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengaku belum banyak tahu soal ihwal izin usaha di pulau reklamasi yang sempat dia segel. Yang dia tahu, bisnis di Pulau D tak berizin.

“Belum ada update (perbaruan) ya, tapi kalau setau saya tidak ada izin,” kata Anies di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Selasa (12/2/2019).

Pasalnya Food Street di kawasan Pantai Maju, yang dulu bernama Pulau D Reklamasi, di Jakarta Utara mulai beroperasi sejak Desember 2018 lalu. Kemudian dia bakal memanggil pihak yang berkepentingan dalam perizinan atas berdirinya Food Street yang ada di Pantai Maju itu.

Dia meminta para Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) tak saling lempar kewenangan. “Nanti saya panggil, jangan lempar-lemparan,” ucap Anies.

Sebelumnya Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta, Saefullah, mengatakan pihaknya belum melakukan pengecekan ke Pantai Maju. Menurutnya, dalam waktu dekat, dia akan mengecek berdirinya Food Street itu. “Sabarlah. Saya belum sempat ke sana. Belum, belum jadwal, nanti ya,” kata Sekda, kemarin.

Sedangkan Kepala Satpol PP DKI Jakarta, Yani Wahyu, menuturkan pihaknya masih menunggu konfirmasi dari pihak Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) DKI Jakarta perihal izin Foodcourt yang ada di Pantai Maju. Pihaknya menyebut masih kesulitan menghubungi kepala dinas.

“PTSP kemarin itu lagi umrah. Kan saya memang kemarin udah janji mau konfirmasi. Kemarin itu dia lagi umrah. Nggak tahu sekarang udah pulang apa belum,” kata Yani, kemarin malam.

Kemudian dari Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan (Citata) dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) justru saling lempar terkait isu tersebut. Kedua dinas itu mengaku tidak mengurus izin usaha itu. Dia menilai perizinan itu sudah menjadi tanggung jawab PMPTSP DKI.

“Tanya ke Pak Edy (Kepala PMPTSP). Saya enggak boleh komentar selain Kepala PMPTSP,” kata Kepala Citata DKI Benny Agus Chandra awal Januari lalu.

Menyikapi lemparan perizininan dari Citata, Kepala PMPTSP Edy Junaedi pun mengaku tak punya wewenang soal izin di reklamasi. Dia malah melempar tanggung jawab kepada Benny.

Diketahui, terdapat video yang beredar yang menunjukkan suasana Food Street di kawasan Pantai Maju saat malam hari. Beberapa kendaraan roda empat pun tampak parkir di depan ruko-ruko.

Para pengunjung juga tampak menikmati hidangan yang disajikan oleh beberapa penjual. Tak hanya itu, di area Food Street juga disediakan panggung musik yang menemani pengunjung.

Lihat juga...