ASN Kurang Disiplin, Perlu Gelar Apel Pagi dan Siang

Editor: Satmoko Budi Santoso

LARANTUKA – Lemahnya disiplin Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan pemerintah kabupaten Flores Timur membuat wakil bupati Flores Timur, berang. Dirinya dengan tegas membeberkan sejumlah OPD yang tidak pernah atau jarang melakukan apel pagi dan siang.

Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dimaksud adalah Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Perikanan, Ketahanan Pangan dan Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian Pengembangan Daerah kabupaten Flores Timur.

“Lemahnya kesadaran ASN terkait disiplin apel masuk keluar kantor, disebabkan karena kurang kesadaran ASN itu sendiri dalam memaknai panggilan tugas sebagai ASN. Mengabdikan diri di lingkungan pemerintah,” sebut wakil bupati Flores Timur, Agustinus Payong Boli, SH, Selasa (19/2/2019).

Wakil bupati Flores Timur Agustinus Payong Boli, SH. Foto: Ebed de Rosary

Agus mengingatkan pimpinan OPD dan seluruh ASN untuk mengawali kegiatan setiap hari dengan apel pagi demikian juga apel siang.

Apel pagi itu penting untuk dilaksanakan setiap hari agar semua arahan, perintah, inovasi dan informasi terkait pelaksanaan tugas disampaikan oleh pimpinan OPD pada saat itu juga kepada stafnya.

“Di sisi lain apel itu juga berarti semangat atau spirit untuk membangun kebersamaan dalam menyelesaikan berbagai persoalan yang terjadi di lingkungan kerja ASN itu sendiri. Saya meminta Sekda untuk evaluasi OPD yang tidak tertib apel itu,” ungkapnya.

Wabup Agus Boli juga mengingatkan, pimpinan OPD untuk tidak keluar daerah karena dalam waktu dekat akan ada pemeriksaan dari BPK. Ia juga meminta pimpinan OPD untuk menyiapkan dokumen berupa LPPD, LKPJ dan LAKIP. Untuk segera disampaikan ke Bagian Pemerintahan dan Bagian Organisasi Setda.

“OPD yang belum menyiapkan RUP tidak boleh melakukan perjalanan dinas sebelum semua dokumen itu diselesaikan. Karena itu diharapkan dokumen dimaksud segera dimasukkan ke Bagian ULP agar kemudian tidak mengalami keterlambatan dalam proses pelelangan,” tegasnya.

Terkait Pemilu Legislatif, DPD, Presiden dan Wakil Presiden, Wabup Agus Boli menegaskan, agar ASN bersikap netral dan tidak terlibat dalam politik praktis. Dirinya juga mengingatkan para pejabat terutama pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Flotim untuk menempatkan staf sebagai sahabat.

“Ketika staf ditempatkan sebagai sahabat, maka staf tersebut akan merasa berkewajiban bersama pimpinannya untuk saling melengkapi dalam melaksanakan tugas rutin setiap hari,” ungkapnya.

Staf tandas Agus, boleh menyampaikan pendapat dan saran yang konstruktif kepada pimpinan terkait sesuatu yang mungkin dianggap bermasalah untuk kemudian dicarikan jalan penyelesaian dan upaya perbaikan secara bersama.

“Namun sebagai bawahan ia juga harus menempatkan diri secara baik serta wajib melaksanakan perintah atasannya. Sahabat yang baik adalah orang yang terus mengingatkan sahabatnya terkait masalah yang timbul di lingkungan kerjanya,” tuturnya.

Karena itu, sebagai staf, sambung Agus, dia boleh menyampaikan pandangan yang kritis kepada pimpinan untuk bersama-sama mencari jalan keluar. Tetapi di sisi lain sebagai bawahan wajib melaksanakan perintah atasannya.

Lihat juga...