Banjarnegara Terima Bantuan 11 Tenaga Kesehatan dari Kemenkes

Editor: Satmoko Budi Santoso

324

BANJARNEGARA – Masalah kekurangan tenaga kesehatan di Kabupaten Banjarnegara mulai teratasi dengan datangnya 11 orang tenaga kesehatan, yang dikirim oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Sebelas tenaga kesehatan di bidang farmasi, gizi, medis dan dokter gigi serta dokter umum ini ditugaskan di Banjarnegara dalam rangka untuk mensukseskan program Nusantara Sehat.

Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono, saat menerima 11 orang tenaga kesehatan penugasan khusus individual (NSI) di Pendapa Dipayuda menyampaikan, ucapan terima kasih kepada petugas kesehatan yang sudah datang di Banjarnegara.

Menurutnya, kehadiran para tenaga kesehatan akan sangat membantu masyarakat Banjarnegara. Sebab selama ini, kabupaten tersebut kekurangan tenaga kesehatan. Padahal, menurut bupati, ketersediaan tenaga kesehatan yang memadai merupakan salah satu faktor pendukung dalam percepatan derajat kesehatan masyarakat.

ʺSaya ucapkan selamat datang serta terima kasih tak terhingga kepada para tenaga kesehatan yang bersedia bertugas dan mengabdikan diri di Kabupaten Banjarnegara. Sebab, kehadiran Anda sekalian merupakan solusi bagi masalah minimnya tenaga kesehatan di Banjarnegara. Saya sering berdiskusi dengan Kepala Dinas Kesehatan untuk mencari solusi bersama dan belum ada solusi. Sampai dengan kedatangan rombongan tenaga ahli kesehatan ini,ʺ tutur Bupati, Jumat (1/2/2019).

Budhi Sarwono juga menyampaikan rasa optimis, program Nusantara Sehat akan mampu meningkatkan jumlah, jenis, sebaran dan mutu tenaga karena melibatkan berbagai profesi tenaga kesehatan yang terlatih.

Kabupaten Banjarnegara merupakan satu-satunya kabupaten di Jawa Tengah yang terpilih untuk mendapatkan bantuan program tersebut.

ʺSaya juga optimis, berbagai macam masalah kesehatan masyarakat Banjarnegara akan bisa diatasi dengan datangnya 11 tenaga ahli kesehatan,ʺ jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara, dr. Ahmad Setiawan, mengatakan, kedatangan tenaga kesehatan penugasan khusus individual ini, dalam upaya mendukung program Nusantara Sehat.

Untuk periode pertama, pada awal tahun 2019, Banjarnegara mendapatkan bantuan sebanyak 11 tenaga kesehatan. Terdiri dari satu dokter umum, satu dokter gigi, empat orang ahli gizi, dua tenaga farmasi, dan tiga orang tenaga ahli teknologi laboratorium medik.

“Mereka akan bertugas selama dua tahun dan statusnya adalah pegawai pusat, sehingga gaji dan operasional semua ditanggung Kementerian Kesehatan,ʺ terangnya.

Para tenaga kesehatan ini berasal dari berbagai daerah, seperti Nanggroe Aceh Darussalam, Sumatera dan Sulawesi. Namun ada pula yang terdekat yakni dari Banyumas dan Kebumen. Mereka akan bertugas di beberapa unit kerja strategis seperti Puskesmas Batur 1, Puskesmas 2, Puskesmas Punggelan 2 dan Puskesmas Pandanarum.

Baca Juga
Lihat juga...